Awal Mula Sistem Jaringan

Awal Mula Sistem Jaringan 
Konsep dasar sisem jaringan internet dan intranet dimulai dari Adidas Network. Adidas Network merupakan jaringan untuk mengalirkan data dan informasi baik berupa hasil cetak maupun file yang diakukan oleh kurir. Supaya dapat bergerak dengan cepat dan tetap sehat, para karyawan yang bertugas sebagai kurir diberi fasilitas untuk menggunkan sepatu merek Adidas yang dikenal sangat berkualitas untuk menjaga kesehatan kakinya. 

Adidas Network hanya mengandalkan kemampuan manusia, sehingga tidak dapat menjamin keteraturan aliran data dan informasi ke pihak yang membutuhkanya. Kemampuan kurir terbatas pada kecepatan untuk bergerak, kesehatan tubuh, kecermatan, ketelitian, kejujuran dan faktor-faktor lainnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutlah sistem jaringan yang memiliki fungsi seperti para kurir. Sistem jaringan dapat menjamin kualitas pengiriman data atau informasi. Bila pengiriman dilakukan oleh kurir dapat timbul banyak masalah, seperti hilangnya disket dalam perjalanan atau keterlambatan. Jaringan komputer dibuat untuk mengurangi dan menghindari kelemahan-kelemahan tersebut, sehingga data atau informasi dapat dikirim dengan aman.

Manfaat Jaringan Komputer
Dalam sebuah jaringan komputer, terdapat sebuah komputer server dan komputer client. Sesuai dengan namanya, komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari komputer-komputer yang ada dalam jaringan. Sedangkan komputer client adalah komputer yang menerima pelayanan. Komputer server dapat juga berparan sebagai web server yang berfunsi untuk menyimpan halaman-halaman web dari sebuah situs web dan uga sebagai mail server atau komputer yang memberikan layanan email.

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan komputer, antara lain :

1. Membagi sumber daya
Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa perlengkapan komputer seperti printer, maupun yang berupa data-data. Dengan adanya jaringan maka sumber daya yang harus disediakan dapat dikurangi.

2. Reliabilitas tinggi
Jaringan memungkinkan kita untuk mengcopykan data-data ke dua atau ke tiga komputer. Dengan demikian apabila salah satu komputer rusak dan data-data yang disimpan didalamnya hilang, kita masih dapat menggunakan data yang disimpan di komputer lain. Hal ini menguntungkan karena kita tidak terganggu meskipun ada komputer yang rusak dan data-data yang hilang.


3. Menghemat uang
Dengan adanya jaringan perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer, dengan adanya jaringan printer dapat dipakai oleh beberapa orang sehingga perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap karyawannya. Dengan demikian jaringan yang dibangun dapat menghemat biaya yang dikeluarkan.

4. Sebagai sarana komunikasi
Jaringan bisa dimanfaatkan untuk memberikan pengumuman rapat, misalnya pemimpin perusahaan tidak perlu mengirimkan surat kepada semua stafnya, cukup dengan mengirimkan undangan melalui jaringan yang ada.
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson