Contoh Skripsi Algoritma Dan Implementasi

Contoh Skripsi Algoritma Dan Implementasi 
IV.1 Algoritma
Untuk menghasilkan sebuah program aplikasi, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membentuk algoritma. Algoritma sendiri mempunyai pengertian yaitu urutan atau langkah-langkah logika yang dilakukan secara bertahap untuk menyelesaikan masalah dan penyusunan sebuah program. Algoritma digunakan untuk menganalisa serta menjelaskan urutan dan hubungan antara kegiatan-kegiatan yang akan ditempuh. Penyusunan algoritma ini sangat penting dalam perancangan suatu program. Selain itu algoritma juga berfungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan sehingga tercapai tujuan. 

Berikut ini merupakan beberapa algoritma yang menjadi inti dari perancangan perangkat lunak pembelajaran struktur data tentang senarai berantai (linked list).

IV.1.1. Algoritma Menu Utama 
Buat Form 
Tampilkan Form Utama 
Buatlah dua buah Menu utama yaitu Menu File dan Menu Help 
Jika dipilih Menu File, tampilkan sub menu Baru dan Keluar 

4.1. Jika dipilih sub menu Baru:
a. Kosongkan Form Utama
b. Tampilkan Form Visualisasi

4.2. Jika dipilih sub menu Keluar
Tutup Form Utama 
Jika dipilih Menu Help, tampilkan sub menu About dan Help Linked List 

Jika dipih sub menu About
a. Kosongkan Form Utama
b. Tampilkan Form About Programmer

Jika dipilih sub menu Help Linked List
a. Kosongkan Form Utama
b. Tampilkan Form Help Linked List 

IV.1.2. Algoritma Visualisasi 
Tampilkan Form Visualisasi 
Input Jumlah Node 
Pilih operasi yang akan dilakukan 
Tekan tombol Penambahan Node jika ingin melakukan operasi penambahan node 
Tekan tombol Penghapusan Node jika ingin melakukan operasi penghapusan node. 
a. Jika diklik tombol Next 
b. Tampilkan Frame posisi
c. Jika diklik tombol Back 
d. Kembali ke Form Utama 

Input Metode yang diinginkan 
a. Jika diklik tombol Next 
b. Tampilkan Frame posisi
c. Jika diklik tombol Back 
d. Kembali ke Form Utama 
Input Posisi 
Tampilkan Frame Visualisai 

IV.1.3. Algoritma Visualisasi Linier Single Linked List 
Lakukan perulangan sebanyak jumlah node 
Tampilkan node berdasarkan jumlah node yang telah diinput sebelumnya 
Aktifkan Timer 
Tampilkan satu persatu pointer bantu 
Tampilkan pointer akhir pada posisi akhir 
Nonaktifkan timer 
Refresh Node 

IV.1.4. Algoritma Visualisasi Circular Single Linked List
1. Lakukan perulangan sebanyak jumlah node
2. Tampilkan node berdasarkan jumlah node yang telah diinput sebelumnya
3. Aktifkan Timer
4. Tampilkan satu persatu pointer bantu
5. Tampilkan garis penghubung antara node awal dan node akhir
6. Nonaktifkan time 
7. Refresh Node

IV.1.5. Algoritma Visualisasi Linier Double Linked List
1. Lakukan perulangan sebanyak jumlah node
2. Tampilkan node berdasarkan jumlah node yang telah diinput sebelumnya
3. Aktifkan Timer
4. Tampilkan satu persatu pointer bantu
5. Tampilkan panah dua arah
6. Nonaktifkan timer
7. Refresh Node

IV.1.6. Algoritma Visualisasi Circular Double Linked List
1. Lakukan perulangan sebanyak jumlah node
2. Tampilkan node berdasarkan jumlah node yang telah diinput sebelumnya
3. Aktifkan Timer
4. Tampilkan satu persatu pointer bantu
5. Tampilkan panah dua arah
6. Tampilkan garis penghubung antara node awal dan node akhir
7. Nonaktifkan time 
8. Refresh Node

IV.2. Implementasi 
Implementasi merupakan langkah yang digunakan untuk mengoperasikan perangkat lunak yang dibangun. Pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana menjalankan perangkat lunak pembelajaran struktur data tentang senarai berantai (linked list) tersebut. 

IV.2.1. Tampilan Menu Utama
Pada saat program dijalankan maka secara otomatis akan tampil Menu Utama. Menu utama ini berisi judul program dan terdiri dari dua menu utama yaitu Menu File dan Menu Help. Dari menu utama inilah nantinya pengguna dapat melanjutkan langkah jalannya program dengan memilih Menu File dan kemudian memilih sub menu Baru. Tampilan menu utama ini dapat dilihat pada Gambar IV.1 berikut ini.

Gambar IV.1. Tampilan Menu Utama


IV.2.2. Tampilan Menu Input
Dari sub menu Baru yang dipilih akan muncul tampilan menu input yang berisi inputan untuk memilih jumlah node. Setelah jumlah node dipilih dari 10 (sepuluh) node yang tersedia maka pengguna dapat melanjutkan langkah berikutnya dengan menekan tombol Penambahan Node atau Penghapusan Node untuk memilih operasi yang akan dilakukan.. Selanjutnya pengguna dapat menekan tombol Next untuk menampilkan visualsasi. Tampilan menu input ini dapat dilihat pada Gambar IV.2. berikut.

Gambar IV.2. Tampilan Menu Input


IV.2.3. Tampilan Visualisasi Pilih Metode 
Tampilan visualisasi ini menampilkan visualisasi pemilihan metode yang terdapat pada Linked List yaitu Linier Single Linked List, Circular Single Linked List, Linier Double Linked List, Circular Double Linked List. Tekan tombol Next untuk melanjutkan proses visualisasi. Tampilan Menu Visualisasi Pilih Metode ini dapat dilihat pada Gambar IV.3 di bawah ini.

Gambar IV.3. Tampilan Visualisasi Pilih Metode

IV.2.4. Tampilan Visualisasi Pilih Posisi
Tampilan visualisasi selanjutnya adalah visualisasi pilih posisi, dimana dalam pemilihan posisi ini pengguna dapat memilih posisi dimana simpul akan ditambah atau dihapus. Posisi ini terdiri dari 3 (tiga) yaitu posisi awal, tengah dan akhir. Tekan tombol Next untuk menampilkan proses visualisasi Linked List. Dan tampilan Visualisasi Pilih Posisi ini dapat dilihat pada Gambar IV.4 berikut ini. 

Gambar IV.4. Tampilan Visualisasi Pilih Posisi

IV.2.5. Tampilan Visualisasi Linked List 
Visualisasi yang muncul berikutnya adalah visualisasi Linked List sendiri. Pada tampilan ini terlihat proses visualisasi dari jumlah node yang diinput, operasi yang dilakukan, metode yang dipilih dan juga posisi yang dipilih. Dalam hal ini langkah-langkah setiap proses ditampilkan dengan visualisasi sehingga pengguna dapat dengan mudah memahami konsep Linked List tersebut. Tekan tombol Back untuk kembali ke Visualisasi Pilih Posisi dan Visualisasi Pilih Metode. Kemudian untuk kembali ke Menu input tekan tombol Close. Tampilan visualisasi ini dapat dilihat pada Gambar IV.5 di bawah ini.

Gambar IV.5. Tampilan Visualisasi Linked List 


IV.2.6. Tampilan Menu About
Menu About ini berisi informasi data dari programmer sendiri. Tekan tombol OK untuk keluar dari menu ini. Tampilan Menu About dapat dilihan pada Gambar IV.6 di bawah ini.

Gambar IV.6. Tampilan Menu About


IV.2.7. Tampilan Menu Help Linked List
Menu Help Linked List ini berisi informasi berupa pengertian Linked List, operasi-operasi apa saja terdapat pada dalam Linked List dan juga metode-metode yang terdapat pada Linked List. Pada menu ini juga ditampilkan langkah-langkah proses yang harus dilakukan untuk melakukan operasi penambahan node atau penghapusan node pada Linked List tersebut. Tampilan menu Help Linked List ini dapat dilihat pada Gambar IV.7 di bawah ini.

Gambar IV.7. Tampilan Menu Help Linked List


BAB V 
PENUTUP
V.1. Kesimpulan
Dari hasil pembahasan yang telah dilakukan, maka Penulis dapat mengambil suatu kesimpulan, yaitu: 
Dalam struktrur data terdapat pembahasan yang disebut Linked List, Linked List ini sendiri terdiri dari 4 (empat) metode yaitu Linier Single Linked List, Circular Single Linked List, Linier Double Linked List, Circular Double Linked List dimana pada masing-masing metode dapat dilakukan 2 (dua) operasi yaitu operasi Penambahan Node dan Penghapusan Node. 
Implementasi Linked List ke dalam bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0 dengan menggunakan Pointer. 
Program pembelajaran ini disajikan dengan visualisasi untuk mempermudah pengguna dalam memahami dan mempelajari konsep Linked List. 

V. Saran
Adapun saran yang dapat penulis sampaikan untuk pengembangan program visualisasi ini adalah: hendaknya program visualisasi ini dikembangkan dengan menambahkan efek suara atau dibuat dengan berbasis multimedia.


DAFTAR PUSTAKA
Bambang Wirawan Paulus, 2004, Struktur Data Dengan C, Penerbit Andi, Yogyakarta.


Dwi Sanjaya, 2005, Asyiknya Belajar Struktur Data Di Planet C++, PT. Elexmedia Komputindo, Jakarta.


Gortap Paulinus Sinaga, 2006, Visualisasi Penyusunan Pohon Biner, Skripsi Program Sarjana UNIKA Santo Thomas Sumatera Utara, Medan.


Insap Santoso, 1992, Struktur Data Menggunakan Turbo Pascal 6.0, Penerbit Andi, Yogyakarta.


Madcoms, 2002, Seri Panduan Pemrograman Borland Delphi 7.0, PT. Elexmedia Komputindo, Jakarta.


 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson