Contoh Skripsi Perancangan Perangkat Lunak Visualisasi Struktur Data Tentang Senarai Berantai (Linked List)

Contoh Skripsi Bab I Perancangan Perangkat Lunak Visualisasi Struktur Data Tentang Senarai Berantai (Linked List) 
Ilmu komputer saat ini mengalami perkembangan pesat. Hal ini ditandai dengan adanya lembaga-lembaga pendidikan formal setingkat universitas yang menjadikan ilmu komputer sebagai salah satu program studi.

Dalam ilmu komputer, ada banyak disiplin ilmu yang menopang ilmu komputer, dan salah satunya adalah Struktur Data. Karena Struktur Data merupakan dasar ilmu yang harus dimiliki oleh seorang ilmu komputer yang tentu saja bertujuan untuk mempermudah dalam pembuatan program. 

Adapun pembahasan yang terdapat dalam Struktur Data ini mencakup Rekursif, Tumpukan (Stack), Antrian (Queue), Senarai Berantai (Linked List), Pohon (Tree), Type Data Pointer, Pengurutan (Sorting), Pencarian (Searching), dan Graph. Dan yang akan dibahas dalam penulisan ini adalah visualisasi Senarai Berantai (Linked List). 

Perancangan perangkat lunak visualisasi struktur data yang membahas mengenai Linked List ini dapat digunakan oleh pengguna yang ingin mengetahui Linked List lebih jauh.

.Berdasarkan uraian di atas maka penulis mencoba merancang suatu perangkat lunak ke dalam sebuah Bahasa Pemrograman dengan judul “Perancangan Perangkat Lunak Visualisasi Struktur Data Tentang Senarai Berantai (Linked List)”.

I.2. Maksud Dan Tujuan
Adapun maksud dari penulisan ini adalah untuk merancang perangkat lunak yang dapat memvisualisasikan proses pembentukan Senarai Berantai (Linked List) dan juga memvisualisasikan operasi-operasi yang ada pada Senarai Berantai (Linked List), seperti menambah simpul/node, menghapus simpul/node. Dan tujuan dari penulisan ini adalah untuk membantu para pengguna yang ingin belajar Senarai Berantai (Linked List) lebih jauh.

I.3. Rumusan Masalah
Yang menjadi permasalahan dalam penulisan ini adalah bagaimana visualisasi Senarai Berantai (Linked List) tersebut yang terdiri dari: 
1. Senarai Berantai Tunggal Linier (Linier Single Linked List) 
2. Senarai Berantai Tunggal Melingkar (Circular Single Linked List)
3. Senarai Berantai Ganda Linier (Linier Double Linked List) 
4. Senarai Berantai Ganda Melingkar (Circular Double Linked List)

Dari masing-masing permasalahan di atas dibuat keterangan yang mendukung setiap operasi yang akan dikerjakan oleh program.

I.4. Batasan Masalah 
Agar pembahasan tidak menyimpang dari ruang lingkup yang akan dibahas, maka penulis membuat batasan masalah sebagai berikut: 

Suatu Linked List maksimal 10 (sepuluh) simpul atau node. 

2. Implementasi Linked List dengan menggunakan Pointer.


I.5. Metodologi
Untuk mempermudah penulis dalam penyusunan penulisan ini, penulis menggunakan metodologi sebagai berikut:

1) Penelitian kepustakaan 
Penulis mengambil data tertulis dari buku-buku yang berhubungan dengan Struktur Data dan perangkat lunak yang akan dirancang.

2) Hasil penelitian diaplikasikan dalam bahasa pemrograman.

I.6. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan tugas akhir ini terdiri dari lima bagian pokok yaitu:

BAB I Bab ini merupakan pendahuluan yang menguraikan secara singkat tentang Latar Belakang, Maksud dan Tujuan, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Metodologi dan Sistematika Penulisan.

BAB II Merupakan uraian teoritis yang melandasi pemecahan masalah yang digunakan dalam menguraikan segala yang berhubungan dengan struktur data dan perangkat lunak yang akan dibangun.

BAB III Pada Bab ini dijelaskan bagaimana pembahasan tentang perangkat lunak yang akan dibangun dan bagaimana membuat rancangan tampilan, dan rancangan hasil operasi dalam bentuk visualisasi.

BAB IV Bab ini menguraikan tentang algoritma dari perangkat lunak yang akan dibangun dan implementasi dari algoritma tersebut ke dalam bahasa pemrograman.

BAB V Bab ini menyimpulkan hal-hal yang diperoleh dalam perancangan dan penerapan penelitian yang dapat disimpulkan dari hasil implementasi yang terdapat dalam bab IV. Dalam bab ini juga sebaiknya dibuat suatu usulan/saran untuk memperbaiki atau mengembangkan perangkat lunak yang dibangun.

Sambungan Bab II : Contoh Skripsi Bab II Struktur Data
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson