Menemukan Layanan yang Ada di Internet

Menemukan Layanan yang Ada di Internet 
Seiring dengan semakin banyaknya orang yang mengakses internet, para ahli terus bekerja keras untuk mengembangkan berbagai macam layanan atau aplikasi dalam internet. Kerja keras para ahli itu telah membuahkan hasil. Saat ini internet memiliki banyak sekali layanan, antara lain Electronic Mail (e-mail), Mailing List (milis), Internet Relay Chat (chatting), Newsgroup, File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Buletin Board Service (BBS), World Wide Web (WWW), Internet Telephony, dan Internet Fax. Tentu saja layanan-layanan ini akan membuat kalian semakin menyukai internet.

Beberapa layanan yang tersedia dapat langsung kalian lihat dan operasikan, seperti email, mailing list, chatting dan web (WWW). Namun ada beberapa layanan yang tidak terlihat secara langsung seperti FTP.

Menemukan Manfaat Layanan Internet
Tiap-tiap layanan dalam internetmemiliki kekhasan dan fungsi tersendiri. Layanan-layanan tersebut dapat dikatakan sebagai saling melengkapi untuk menjawab kebutuhan kalian berkomunikasi dengan rekan-rekan, orang tua, atau guru lewat internet. Beberapa layanan tersebut antara lain:


1. Electronic Mail (E-mail)
E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim email sama dengan mengirimkan surat biasa. Kita bisa bercerita, mengirimkan pesan atau apa saja. Layanan e-mail juga dapat menirimkan lampiran berupa file yang berisi gambar atau tulisan. E-mail juga dilengkapi dengan mail box (kotak surat elektronik) yang dapat menempun surat-surat yang dikirim kepada kita. Mail box ini cukup besar untuk menampung surat dalam bentuk teks beserta dengan lampirannya.


2. Mailing list (Milis)
Merupakan aplikasi yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Melalui milis kita dapat mengirimkan berbagai pengumuman seperti lomba pidato, olimpiade matematika, pertandingan basket, dan artikel-artikel menarik lainnya. 


Milis ini sangat cocok digunakan untuk koordinasi antarpengurus OSIS panitia malam kesenian, tim sepak bola, atau untuk grup diskusi. Setiap email yang dikirim oleh anggota milis secara otomatis akan sampai ke seluruh anggota milis. 


Untuk membangun milis gratis, kita dapat memanfaatkan fasilitas milis yang disediakan di dalam http://www. Yahoogrups.com.


3. Internet Ralay Chat (chatting) 
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Melalui chatting kita dapat berkomunikasi dengan rekan-rekan yang ada dalam sebuah ruang chatting. Chatting merupakan sarana yang murah untuk berkomunikasi secara tekstual. Memang sedikit ada kekakuan dibandingkan percakapan langsung lewat telepon. Namun bagi yang sudah terbiasa, chatting akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.


4. Newsgroup
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk bekomunikasi dalam satu forum. Grup-grup ini akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Di newsgroup setiap orang bebas memberi dan mmbaca informasi. Setiap orang bebas memberi komentar terhadap sesuat masalah yang ada dan komentar itu juga akan terbaca oleh orang emakai newsgroup.


5. File Transfer Protocol (FTP)
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain. Fasiitas layanan ini memungkinkan kita untuk menyalin file secara elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya di dalam internet. Layanan ini juga dapat digunakan untuk mengumpulkan laporan pratikum atau paper kepada guru, bertukar foto atau animasi lucu sebagi selingan kepada teman-teman.


6. Telnet
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Jika ingin komputer kita seolah-olah terhubung langsung dengan komputer sahabat kita, gunakan saja layanan telnet. Namun kita arus memiliki alamat IP , user ID dan password dari komputer teman kita agar dapat mengakses secara langsung. Melali fasilitas telnet kita dapat bertukar file yang berisi tulisan, gambar, animasi, fil , lagu, atau game dengan teman-teman secara langsung.


7. Buletin Board Service (BBS)
Layanan BBS merupakan pusat layanan informasi yang menyediakan informasi dari berbagai bidang, seperti bidang pendidikan dan teknologi, bisnis, sosial, juga promosi niaga. Fasilitas BBS ini juga memungkinkan kita untuk berdiskus dengan para pengakses lain untuk membicarakan masalah atau topik tertentu. Selain itu kita juga dapat mendownload berita atau file dari penakses lain atau melakukan upload berita atau file agar dapat di akses oleh pengakses lainnya.


8. World Wide Web (WWW)
Merupkan aplikasi yang paling banyak digunakan dan merupakan aplikasi yang paling penting. WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. WWW mencakup sumber daya multimedia, antara lain, suara, gambar, video, audio, dan animasi. Aplikasi ini akhirnya menjadi semacam sarana untuk menyajikan inormasi yang interaktif.


Akhir-akhir ini, layanan WWW lebih dikenal dengan sebutan web. Kita dapat memanfaatkan web utuk menyajikan profil diri. Jika profil diri tersebt terdiri dari beberapa halaman web, maka sekumpulan halaman web yang berisi profil diri itu disebut situs web profil diri.


9. Teleconference
Seperti sudh dijelaskan, fasilitas chatting kurang nyaman karena komunikasi hanya dilakukan dengan menggunakan tulisan. Untuk memperbaikinya, aplikasi chatting terus dikembangkan sampai tercipta voice chat, bahkan saat ini sudah tercipta teleconference. Dengan adanya layanan multimedia internet,para ahli terus mengembangkan layanan teleconference dengan lebih sempurna. Gagasannya adalah agar kita yang menggunakan internet dapat saling berkomunikasi dengan bertatap muka walaupun percakapan dilakukan dari jarak jauh.


10. Internet Telephony
Internet Telephony memungkinkan kita untuk berbicara melalui internet, seperi layaknya menggunakan pesawat telepon. Namun terminal yang digunakan berupa komputer yang dilengkapi dengan alat penerima dan mikrofon.


11. Internet Fax
Internet juga dapat digunakan untuk mengirimkan faksimile tanpa perlu menggunakan mesin faksimile. Aplikasi untuk pengiriman faksimile lewat internet tersebut mudah digunakan dan pengirimannya lebih mra karena dihitung sebagai biaya lokal. Layanan internet fax ini juga memberikan kemudahan bagi para sekretaris untuk mengirimkan pesan faksimile dalam jumlah yang sangat banyak.


Pengoperasian E-mail
Salah satu fasilitas yang ada di internet adalah e-mail. Dengan menggunakan fasilitas ini kita bisa saling mengirim surat melaui media elektronik. Surat kita akan sampai dalam waktu yang singkat dan tidak memerlukan biaya yang mahal.


1. Membuat Account E-mail
Untuk dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang dimiliki e-mail, kita harus memiliki sebuah alamat e-mail (account e-mail) terlebih dahulu. Untuk mendapatkan alamat e-mail kita harus mendaftarkan diri melalui situs-situs yang menyediakan layanan e-mail. Kita bisa saja memanfaatkan fasiitas pendaftaran e-mail gratis, seperti yang disediakan oleh www.yahoo.com, www.hotmail.com, dan situs-situs lainnya.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendapakan e-mail gratis dari yahoo:
a. Jalankan browser. Di kotak Address, ketiklah alamat website tempat kita ingin membuat account e-mail. Di sini kita akan membuka www.yahoo.com. Halaman web dari yahoo akan ditampilkan.
b. Kliklah ikon e-mail yang terdapat di haama web yahoo. Halaman web untuk layanan e-mail dari yahoo akan ditampilkan.
c. Di halaman web, carilah kotak dialog user ID dan password. Di bagian tersebut terdapat tombol Sign In untuk login dan Sign Up untuk mendaftar. Klik tombol Sign Up. Halaman web untuk mnenampilkan account baru akan ditampilkan.
d. Isikanlah semua data yang diminta. Pada bagian Yahoo!ID, masukkanlah user ID yang dipilih. User ID tersebut akan digunakan sebagai nama di alamat e-mail kita.
e. Untuk mengecek apakah Yahoo!ID yang kita masukkan masih dapat digunakan, klik tombol Check Availability of This ID.Jendela baru untuk mengeck apakah Yahoo!ID masih dapat digunakan atau tidak akan ditampilkan.
f. Jika ID yang dipilih tidak dapat digunakan lagi, gantilah dengan ID yang lain sampai ID tersebut dapat digunakan.
g. Setelah melengkapi semua data yang ada, kliklah tombol I Agree. Halaman web yang menyatakan proses pendaftaran sudah selesai akan ditampilkan.
h. Kliklah tombol Continue Without Installing Yahoo!Toolbar. Halaman web untuk login akan ditampilkan.
i. Masukkanlah user ID dan password yang sudah dibuat, kemudian klik tombol Sign In.

2. Menulis dan Mengirimkan E-mail
Setelah membuat alamat email, sekarang kita dapat mengunakan fasiltas email tersebut, baik untuk menerima maupun mengirim e-mail. Mengetik e-mail dilakukan di kotak teks yang disediakan. Menulis dan mengirimkan e-mail dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Bila kita belum login ke email account, kita harus login terlebih dahulu.
b. Kliklah tombol Compose di bagian kiri halaman web Yahoo!Mail. Halaman web untuk menulis surat akan ditampilkan.
c. Masukkan alamat e-mail penerima dan subjek dari e-mail yang akan kita kirim.
d. Ketiklah isi e-mail. Setelah selesai menulis isi e-mail kliklah tombol send.
e. Bila pengiriman e-mail sukses, akan ditampilkan halaman web yang menyampaikan pesan bahwa e-mail kita sudah dikirim. E-mail kita akan dikirim ke alamat e-mail, sesuai dengan alamat email yng dimsukkan.

Selanjutnya, jika kita ingin mengirimkan e-mail yang lain, kita dapat mengklik tombol compose. Jika ingn kembali ke daftar e-mail, kita dapat mengklik teks link Back to Inbox. Sedangkan jika kita ingin kembali ke daftar e-mail sambil mengecek apakah ada e-mail yang masuk atau tidak, kita dapat mengklik tombl Check Mail.

3. Membaca E-mail
Bila kita ingin membaa sebuah e-mail, terleih dahulu kita harus masuk ke kotak surat, kemudian membuka email yang ingin dibaca. Langkah-langkah untuk membuka sebuah e-mail adalah sebagai berikut:

a. Tampilkan halaman login Yahoo!Mail. Masukkan user ID dan password. Klik tombol Sign In. Jika user ID dan password yang dimasukkan benar, halaman web untuk e-mail account akan ditampilkan.
b. Di halaman web yang ditampilkan, klik Inbox. Halaman web yang memuat daftar email yang ada di kotak surat akan ditampilkan.
c. Untuk membaca e-mail, klik dua kali di subjek e-mail yang ingin dibaca. Isi email akan ditampilkan. 
d. Setelah kita membaca e-mail yang kita pilih, kita dapat membaca e-mail selanjutnya dengan cara mengklik tombol Next. Atau bisa juga kembali melihat dafta e-mail yang masuk dengan cara menglik tombol Back di toolbar atau mengklik teks link Inbox.

4. Menjawab E-mail (Reply)
Setelah membaca sebuah e-mail, terkadang kita ingin menjawab e-mail tersebut. Menjawab e-mail dikenal juga dengan istilah reply. Langkah-langkah untuk menjawab sebuah e-mail adalah sebagai berikut:
a. Setelah membaca e-mail, klik tombol Reply. Halaman web untuk menjawab email akan ditampilkan.
b. Pada kotak teks To, isikan nama dan alamat e-mail tujuan. Ketiklah isi e-mail yang menjadi jawaban kita.
c. Klik tombol Send. Halaman web yang menyatakan e-mail kita sudah dikirim akan ditampilkan.

Menjawab e-mail akan memudahkan penerima surat memahami apa yang kita tulis. Hal ini karena e-mail yang dia tulis disertakan di bawah jawaban yang kita buat. Dengan membaca e-mail yang telah dia kirimkan, akan memudahkannya memahami jawaban yang kita berikan.


5. Meneruskan e-mail (Forward)
Terkadang setelah mnerima sebuah e-mail dari seseorang, kita perlu atau ingn meneruskan isi e-mail tersebut ke orang lain. Hal ini bisa saja karena isi e-mail yang kita terima merupakan informasi yang penting bagi orang lain juga. Meneruskan sebuah e-mail dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Bukalah dan bacalah e-mail. Jika ingin meneruskannya ke orang lain, klik teks link Forward. Halaman web untuk meneruskan e-mail akan ditampilkan.
b. Masukkanlah alamat tujuan.
c. Ketiklah isi e-mail jika ingin menambahkannya.
d. Klik tombol Send. Jika proses pengiriman berjalan lancar, halaman web yang menyatakan pengiiman telah selesai dilakukan akan ditamplkan.


6. Menghapus E-mail
Agar kotak surat kita tidak penuh, kita perlu menghapus e-mail yang sudah tidk dibutuhkan lagi. Bila kita ingin menghapus e-mail setelah membaca e-mail tersebut (pada saat e-mail dibuka), dapat ilakukan dengan cara mengklik tombol Delete.

Apabila ingin menhapus e-mail dari daftar e-mail yang terdapat di kotak surat, dapat dilakukan dengan cara memberi tanda cek di kotak cek e-mail yang bersangkutan, kemudian mengklik tombol Delete. Jika ingi menghapus lebih dari satu e-mail, berilah tanda cek pada semua e-mail yang ingin dihapus tersebut. Kemudian klik tombol Delete.

Chatting Menggunakan mIRC dan Yahoo Messenger

1. Menggunakan mIRC
Menjalankan program mIRC dapat dilakukan dengan mengklik shortcut mIRC yang terdapat di desktop komputer. Jika shortcut tersebut tidak ditampilkan, kita dapat menjalankan mIRC dari menu start.

2. Mengganti Nickname
Pada saat chatting ada kalanyatiba-tia nikname kita berubah. Hal ini disebabkan karena ada orang lain yang menggunakan nickname yang sama, ataupu karena sebab-sebab yang lain. Atau ada kalanya kita ingin menggunakan nickname yang lain. Kalau hal ii terjadi kita dapat mengganti nickname kita dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Klik menu Commands.
b. Klik Change nick. Kotak dialog Input Request akan ditampilkan.
c. Masukkan Nickname yang baru.
d. Klik tombol OK.

Mengganti Nickname dapat juga dilakukan dengan menjalankan perintah /nick. Caranya adalah dengan mengetik perintah /nickdi jendela Channel kemudian diikuti spasi dan nickname kita yang baru.

3. Mengirim dan Menerima File
Kita dapat mengirim file kepada teman cahtting kita. Misalnya, kita ingin mengirim file foto. Langkah-langkah mengirim file adalah sebagai berikut:

a. Dari menu Tools klik Send File. Kotak dialog mIRC DCC Send akan ditampilkan.
b. Di kotak daftar drop-down Nick pilihlah nickname orang yang akan kita kirimkan file.
c. Di kotak Look in, carilah folder tempat kita menyimpan file yang akan kita kirim.
d. Pilihlah file yang akan dikirim.
e. Klik tombol Send.
f. Kotak dialog proses pengiriman file akan ditampilkan.
g. Klk tombol Close untuk mengakhiri proses pengiriman file.

Sebaliknya, jika kita menerima kiriman file dari orang lain, langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut: 
penerimaan file akan ditandai dengan munculnya kotak dialog File Warning. Klik tombol OK. Kotak dialog mIRC DCC Get akan ditampilkan. 
Jika kita ngi menerima file yang dikirimkan, tentukanlah folder penyimpanan di kotak drop-down Save As. Kemudian klik tombol Accept untuk memulai proses penerimaan file. Jika kita anagin menolak file yang dikirim, klil tombol Cancel. 
Tunggulah samai proses pengiriman file selesai. 
Bila pengiriman selesai, klik tombol Open Folder untuk membuka folder dimana file itu disimpan. Klik tombol Open untuk membuka file ata klik tombol Close untk menutup kotak dialog. 

4. Mengunakan Yahoo Messenger
Agar dapat menggunakan Yahoo Messenger untuk chatting, kita terlebih dahulu harus memiliki Yahoo ID. Dengan kata lain kita sudah memiliki e-mail account di Yahoo. Langkah-langkah untuk menjalankannya adalah sebagai berikut:

a. Jalankan Yahoo Messenger dari menu Start, plih Programs dan pilih Yahoo!Messenger. Jendela Yahoo Messenger untuk login akan ditampilkan.
b. Masukkanlah Yahoo ID dan Password yang kamu miliki. Yahoo ID dan Passwod yang digunakan sama dengan yang kamu gunakan pada saat masuk ke e-mail account.
c. Klik tombol Sign In. Jendela selamat datang di Yahoo akan ditampilkan.
d. Berilah tanda cek di kotak cek Yahoo! Address Book dan Microsoft Outlook jika ingin mengundang orang-orang yang ada di Adreess Book dan hilangkan tanda cek tersebut jika tidak. Kemudian klik tombol Next.
e. Klik tombol Finish. Jendela YM akan ditampilkan.

5. Memulai Chatting di Yahoo Messenger
Di YM kita dapat chatting dengan orang yang ada di daftar kontak yang kita miliki atau chatting dengan orang yang ada di ruang chatting (Yahoo Room). Jika ingin chattin dengan orang yang ada di daftar kontak kita, kita harus menambahkan orang tersebut ke daftar kontak yang kita miliki
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson