Pengertian Data

Pengertian Data 
Data berasal dari kata dantum yang berarti fakta, dengan kata lain berarti fakta-fakta atau bagian dari fakta yang mengandung arti yang berhubungan dengan kenyataan, simbol-simbol, gambar-gambar dan huruf. Data dapat berupa angka atau untaian karakter dan juga simbol-simbol yang membawa arti suatu konteks tertentu. Data terdiri dari data yang ditulis dan data yang disimpan pada beberapa media pencatat. Simbol-simbol menggambarkan hal-hal, nilai-nilai yang mempunyai informasi pada konteks tertentu. 

Database
Database (Basis data) terdiri dari dua kata yaitu data base. Data adalah fakta tentang suatu objek atau suatu keterangan yang mendukung arti dan dapat dimengerti oleh manusia. Base adalah suatu landasan atau dasar yang merupakan pendukung atau konsep dasar dari suatu sistem.

Jadi pengertian database adalah kumpulan data saling berhubungan satu sama lainnya yang tersimpan di dalam perangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasi. Data base merupakan salah satu komponen penting komputerisasi karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Penerapan data base dalam komputerisasi disebut dengan sistem database terbentuk dari komponen-komponen sebagai berikut : 

Enterprise (badan) adalah elemen data atau objek dalam bentuk organisasi, lembaga perusahaan 
Entity adalah elemen atau bagian dalam enterprise yang mana keterangannya direkam. Entity dapat berupa orang, benda, tempat, peristiwa yang dapat memberikan informasi. 
Atribute (data elemen) merupakan ciri yang memiliki setiap entity yang menjelaskan watak atau sifat itu yang dipilih dan direkam. Atribute juga sering disebut elemen data, medan kunci (field) dan data item. 
Data Value adalah nilai aktual yang diisikan pada suatu data elemen. 
Data record adalah gabungan atau kumpulan dari beberapa field untuk suatu entity tertentu. 


Visual Basic 6.0
Visual basic 6.0 merupakan bahasa yang berorientasi pada objek (Object Orientied Programming) yang berbasis Microsoft Windows dan didesain untuk dapat dimanfaatkan fasilitas yang ada pada sistem operasi Microsoft windows, khususnya Microsoft windows 95, Microsoft windows 98, Microsoft Windows XP.

Visual Basic berisi komponen berupa objek. Setiap objek mempunyai event atau kejadian dan metode atau aksi. Jika user memanipulaisi suatu objek, misaolnya mengklik, mengetik, meletakkan kursor dan sebagainya, itu adalah event-event yang akan memicu metode yang terdapat didalam objek tersebut. Metode sebenarnya adalah program itu sendiri akan menghasilkan aksi tertentu.

Komponen-komponen pada visual basic adalah : 
Project 


Project adalah sekumpulan modul, jadi project adalah program aplikasi itu sendiri. 
Form 


Form adalah suatu objek yang diaplikasi sebagai tempat kerja program aplikasi.


c. Toolbox


Toolbox adalah kotak yang berisi komponen-komponen untuk memasukkan objek-objek tertentu ke dalam jendela form. 
Properties 


Ini digunakan untuk menentukan setting suatu objek. Suatu objek biasanya mempunyai beberapa properties yang dapat diatur langsung dari jendela properties atau lewat kode program. 
Kode Program 


Kode Program adalah serangkaian tulisan perintah yang akan dilaksanakan jika suatu objek dijalankan. 
Event 


Event adalah aktivitas yang terjadi saat menggunakan atau aplikasi, event terjadi karena ada objek yang dijalankan. 
User Interface 


Bagian aplikasi yang berisi control yang tersedia untuk pemakaian aplikasi seperti tombol, window, grafik.

Control 
Control adalah pengganti dari tools yang sudah disediakan oleh visual basic dengan menggunakan fasilitas ini maka pengguna program dapat menciptakan event agar aplikasi dapat menerima input.
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson