Perangkat Lunak Yang Digunakan Untuk Akses Internet

Perangkat Lunak Yang Digunakan Untuk Akses Internet 
Perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet sangatlah bermacam-macam. Pemilihannya tergantung dari aplikasi internet apa yang ingin digunakan. Misalnya untuk menjelajahi internet kita memerlukan perangkat lunak browser. Jika kita ingin chatting, kita perlu menginstall perangkat lunak unuk chatting (misalnya mIRC).

Berikut ini contoh perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi internet:
1. Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator adalah browser yang digunakan untuk mengakses web atau aplikasi www.
2. Cute FTP, Go!Zilla, dan WSFTP adalah perangkat lunak untuk menjalankan aplikasi FTP.
3. mIRC, Yahoo Messenger, dan ICQ adalah program untuk menjalankan chatting.
4. Outlook Express adalah perangkat lunak untuk aplikasi email.

Perangkat lunak yang paling penting kita siapkan adalah browser. Salah satu browser yang paling banyak digunakan adalah Internet Explorer. Jika kita menggunakan sistem operasi Windows, perangkat lunak tersebut sudah langsung ternstal di komputer kita. Namun jika kita ingin menggunakan browser lain, misalnya Netscape Navigator, kita harus menginstallnya sendiri.

Sama dengan program aplikasi Windows lainnya, kita dapat menjalankan Internet Explorer dengan dua cara yaitu:
1. Mengklik shortcut Internet Explorer di Desktop.
2. Mengklik ikon Internet Explorer dari menu Start.

Bagian-bagian Browser
Bila dibandingkan dengan aplikasi Windows lainnya, khususnya Microsoft Office, satu hal yang khas dari Internet Explorer adalah jendela Internet Explorer dilengkapi dengan bar alamat (address bar). Pada bar alamat kita dapat mengetik alamat website yang ingin dikunjungi. Masing-masing bagian jendela Internet Explorer akan dijelaskan satu per satu.

1. Title Bar
Tile Bar atau bar judul terdapat pada bagian paling atas jendela Internet Explorer. Pada bagian paling kiri, bar judul berisi judul halaman website yang sedang ditampilkan di jendela Internet Explorer. Sedangkan pada bagian sebelah kanan berisi kontrol untuk jendela Internet Explorer. Kontrol jendela tersebut terdiri dari tombol Minimize, Maximize, dan Close.

2. Menu Bar
Menu bar merupakan tempat menu-menu yang terdapat di jendela Internet Explorer ditempatkan. Masing-masing menu memuat perintah-perintah tertentu yang dikelompokan berdasarkan fungsi-fungsinya. Menu yang terdapat dijendela Internet Explorer, antara lain File, Edit, View, Favorites, Tools, dan Help.

3. Tool Bar
Jendela Internet Explorer dilengkapi dengan toolbar yang memua tombol-tombol perintah. 

4. Address Bar
Address bar atau bar alamat adalah kotak teks yang digunakan untuk memasukkan alamat website yang ingin ditampilkan (dikunjungi) di jendela Internet Explorer. Address bar dilengkapi sebuah tombol pada bagian ujung kanannya. Apabila tombol tersebut diklik, akan menampilkan alamat-alamat website yang dikunjungi terakhir kali.

5. Status Bar
Status bar terdapat pada bagian bawah jendela Internet Explorer. Status bar menampilkan kemajuan proses yang sedang dilakukan pada saat browser mendownload sebuah halaman web.

6. Task Pane
Task pane adalah jendela kecil yang muncul di bagian kiri jendela browser apabila kita mengklik tombol Search, Favorites, Media, dan History. Bentuk tampilan task pane tersebut tergantung dari tombol yang di klik.


Penulisan Nama Domain 
Setiap website di internet mempunyai alamat tertentu. Biasanya, alamat website mempunyai hubungan dengan lembaga atau organisasi pemilik website tersebut. Misalnya saja http://www.itb.ac.id milik Institut Teknologi Bandung, www.klikbca.ac.id milik Bank BCA, www.kompas.com milik harian Kompas, dan www.erlangga.co.id milik Penerbit Erlangga. Namun, sebagian nama website diberi nama sesuai dengan tujuan atau informasi yang ditampilkan di website tersebut, misalnya: www.lyrics.com, website yang menyimpan lirik-lirik lagu, http://ticketing.keretaapi.com, website untuk mencari informasi tiket kereta api, dan sebagainya.

Sebuah alamat website merupakan kombinasi dari protokol yang digunakan,nama host, dan nama domain. Nama domain sendiri dapat terdiri dari perusahaan atau website beserta kode-kode yang mejelaskan asal dan bentuk organisasi dari pemilik website tersebut.

Untuk memudahkan mengenali alamat website, penamaan alamat website diberi nama domain, yaitu abjad yang ditambahkan setelah nama website. Nama domain dapat saja berupa negara, lembaga, atau organisasi.

Selain itu, kita juga dapat melihat nama direktori dan nama file dari halaman web di address bar. Misalnya saja, kita akan melihat halaman dibawah ini: http://www.itb.ac.id/pascasarjana/syarat_pendaftaran.htm

Alamat URL diatas dapat dijelaskan sebagai berikut.
1. Protokol yang digunakan: http
2. Nama komputer host: www
3. Nama domain level kedua: itb
4. Nama domain level pertama: ac.id (akademik di Indonesia)
5. Nama direktori: pascasarjana
6. Nama file: syarat_pendaftaran.htm

Bentuk nama domain secara umum adalah seperti berikut:
pelitanusa.ac.id
pada contoh ini:
- pelitanusa menyatakan domain atau lokasi dalam internet
- ac menyatakan tipe domain
- id menyatakan identitas negara

Sistem penamaan alamat website, sebuah halaman web, atau sebuah file tertentu perlu kita pahami untuk memudahkan kita mengakses website tertentu di internet. Jika kita ingin mengakses website dari sebuah lembaga atau organisasi tertentu dan kita hanya mengetahui nama dari lembaga tersebut maka kita dapat mencobanya dengan mengunakan kombinasi beberapa domain yang mungkin.

Search Engine
Mesin pencari (search engine) adalah sebuah program pencari yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang memuat semua item yang ada di internet dan halaman-halaman web yang menyimpan informasi yng berhubungan dengan item-item tersebut.

Untuk memudahkan pencarian di database yang begitu besar, mesin pencari menggunakan indeks untuk memilah-milah informasi yang ada di database. Sedangkan untuk memudahkan dan mempercepat pencarian, mesin pencari mempunyai metode pencarian tertentu yang sering disebut dengan algoritma pencarian. Kecepatan dan ketepatan pencarian sebuah mesin pencari sangat tergantung kepada cara pengindeksan dan algoritma pencarian yang digunakan.

Umumnya struktur dasar sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut:
1. Kotak teks pencarian digunakan sebagai tempat untuk memasukkan kata kunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian.
2. Tombol pencarian untuk menjalankan perintah pencarian.

Cara kerja sebuah mesin pencari adalah ketika kita akan melakukan pencarian informasi di internet, komputer kita akan mengirimkan kata kunci pencarian ke server mesin pencari yang digunakan. Server mesin pencari akan melakukan dokumen web di database yang dimilikinya. Kata kunci pencarian kemudian disesuaikan dengan dokumen-dokumen yang ada di database. Hasil pencarian tersebut kemudian disusun berdasarkan tingkat kesesuaiannya dengan kata kunci pencarian. Komputer server mesin pencari kemudian mengirimkan hasil pencarian ke komputer kita. Degan demikian kita bisa mendapatkan informasi yang dinginkan dengan hasil yang up to date.

Ada beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk menentukan sebuah mesin pencari yang bagus dan handal, yaitu:
1. mempunyai database yang besar dan sering diperbarui,
2. tidak memiliki spam dan memberikan hasil pencarian yang relevan,
3. mempunyai kecerdasan buatan yang baik, sehingga mengerti dan dapat memperkirakan apa yang dicari oleh penggunanya,
4. mengetahui cara kerja mesin pencari yang digunakan, sehingga kita dapat mengeksploitasi kelebihan mesin pencari tersebut.


Berikut adalah beberapa mesin pencari yang dikenal dan banyak digunakan:

1. Google (www.google.com)
Google berdiri pada tahun 1998. website ini didirikan oleh dua orang bersahabat dari Stanford University.

Kelebihan utama google adalah mudah digunakan, layout yang ringkas, cepat, dapat memperkirakan apa yang pengguna cari, dan mempunyai fasilitas untuk mencari website yang sudah hilang. Saat ini, Google merupakan mesin pencariyang paling banyak digunakan. Google mempunyai database yang besar. Ditambah lagi Google membagi database dengan mesin pencari lain, seperti Yahoo. Artinya, jika kata yang kita cari tidak ada di database google, pencarian akan dilakukan di database Yahoo. Google juga dilengkapi dengan pencarian menggunakan berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia.


2. Yahoo (www.yahoo.com)
Yahoo mesin pencari yang menggunakan indeks direktori. Yahoo berasal dari koleksi link pribadi Jerry Yang. 

Kelebihan yahoo adalah mempunyai database yang besar dan membagi databasenya dengan Google. Jika kata yang dicari tidak terdapat Yahoo, pencarian akan dilakukan di database Google. Kelebihan lain adalah semua webmaster ingin agar website mereka terdaftar di indeks Yahoo. Dengan kata lain, database Yahoo memuat semua daftar halaman web.


3. Altavista www.altavista.com
Altavista merupakan mesin pencari yang didirikan oleh Digital Corp. Altavista mempunyai kelebihan dalam Pencarian Canggih (Advancd search) dengan menggunakan operator boolean AND, OR, ( ), NOT, NEAR,”, dan*.kelebihan ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi yang lebih spesifik.

4. Lycos (http://lycos.com) 
Lycos dibuat di Carnegie Mellon Universty pada Mei 1994. Lycos merupakan mesin pencari yang tertua. Lycos mempunyai kelebihan yaitu mudah digunakan. Lycos mudah menemukan website yang terdapat di tripod.com.

Teknik pencarian sebuah mesin pencari juga beragam, bisa berdasarkan kata kunci, kategori, maupun frasa. 

1. Mencari Dengan Kata Bertentu
Proses pencarian degan mesin pencari dilakukan dengan menggunakan kata kunci pencarian yang kita masukkan sebagai acuan. Mesin pencari google tidak membedakan huruf besar dan huruf kecil dari kata kunci yang kita masukkan. Sebagai contoh, kata kunci “tsunami”, “Tsunami”, “TSUNAMI”, dan “TsuNaMi” akan memberikan hasil yang sama.

Berikut ini langkah-langkah melakukan pencarian dengan kata tertentu: 
Jalankan Internet Explorer. Kemudian di kotak Address Bar ketiklah alamat website mesin pencari yang kita gunakan, misalnya www.google.com. Kemudian klik tombol Go atau tekan enter di keyboard. Tunggulah sampai website google ditampilkan. 
Setelah mesin pencari ditampilkan di jendela browser, ketikkan kata kunci, misalnya “lagu” di kotak teks pencarian. Tekanlah tombol Mesin Cari Google atau tekan tombol enter di keyboard. Proses pencarian akan dimulai. Tunggulah sampai hasil pencarian ditampilkan. 
Hasil pencarian akan ditampilkan, dimana terdapat 876.000 dokumen yang ditampilkan. 
jika kita merasa hasil pencarian masi terlalu banyak, mulailah pencarian dengan kata kunci yang baru dan lebih fokus, misalnya kata “lagu Peterpan”. Klik tombol Mesin Cari Google atau tekan tombol enter di keyboard. 
Hasil pencarian yang baru akan ditampilkan, dimana terdapat 13.300 dokumen yang ditemukan. 

Kita dapat melihat bahwa menggunakan lebih banyak kata kunci pencarian akan membuat hasil pencarian yang lebih fokus. Masalah yang sering kita temukan adalah terlau banyak hasil pencarian yang tidak berkatan atau tidak kita perlukan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengunakan kata “AND” di kata kunci pencarian. Kata “AND” ditambahkan dengan menggunakan simbol tambah (+).

Kadang-kadang kita tadak menemukan dokumn yang kita cari dengan menggunakan kata tertentu. Jika hal ini terjadi bukan berarti dkumen yang kita cari tidak ada. Yang perlu kita lakukan adalah bagaimana mencari dengan kata kunci pencarian yang lebih tepat. Untuk mengatasi masalah tersebut adaa beberapa hal yang dapat kita lakukan yaitu:
· Gunakan singkatan atau kepanjangan dari kata yang kita masukkan, misalnya MU atau ManchesterUnited
· Ketiklah lebih sedikit huruf untuk kata kunci yang digunakan, misalnya BNI 46 menjadi BNI.
· Gunakan kata “OR” untuk memasukkan kata-kata yang berbeda tetapi mempunyai arti yang sama, misalnya Setan Merah dengan Manchester United.

2. Pencarian Menggunakan Kategori
Kita dapat memanfaatkan mesin pencari google.com untuk melacak alamat-alamat berdasarkan kategori tertentu. Contohnya kategori sport, culture, education, business, dan lain sebagainya.

Sport (olahraga) sebagai kategori besar masih dapat dibag lagi dalam beberapa sub kategori seperti olahraga air, atletik, dan lain sebagainya.

3. Pencarian Menggunakan Kata Frasa
Frasa adalah gabungan beberapa kata yang membentuk satu arti. Bila kata kunci pencarian yang digunakan berupa frasa, kita harus menambahkan tanda kutip ganda di awal dan di akhir frasa tersebut. Pencarian menggunakan frasa sangat bermanfaat untuk mempercepat pencarian jika kita sedang mencari istilah ucapan terkenal, nama sesuatu atau seseorang.

Mencari informasi menggunakan kata kunci berupa frasa dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: 
Tampilkan mesin pencari Google di Browser. 
Ketikkan frasa yang hendak dicari dalam kotak teks pencarian dengan memberi tanda kutip di depan dan di belakang frasa tersebut, misalnya “batu ginjal”. 
Klik tombol Mesin Cari Google atau takan tombol enter di keyboard. 
Mesin pencari hanya akan mencari dan menampilkan dokumen-dokumen yang berisi frasa batu ginjal. 

Selain dengan penambahan tanda kutip (“) secara manual seperti yang dilakukan diatas, kia juga dapat melakukan pencarian frasa dengan menggunakan Pencarian Canggih (Advance Search). Langkah-langkah untuk melakukannya sebagai berikut: 
Klik teks link Pencarian Canggih pada halaman depan Google. Halaman pencarian Canggih Google akan ditampilkan. 
ktikkan frasa yang hendak dicari ke dalam kotak teks dengan frasa yan tepat. 
Klik tombol Mesin Cari Google atau tekan tombol enter untuk memulai proses pencarian. 
Mesin pencari hanya akan mencari dan menampilkan dokumen yang berisis frasa “batu ginjal”. 


4. Menggunakan Fungsi Pengeculian
Kadang-kadang pada saat melakukan pencarian, ada kata-kata pengganggu yang membuat pencarian kita menjadi tidak fokus. Kita dapat menghilangkan kata penggangggu tersebut dari pencarian dengan menggunakan Pencarian Canggih dengan langkah-langkah sebagai berikut: 
Tampilkan mesin pencari di browser. 
Klik teks link Pencarian Canggih. 
Ketik kata kunci pencarian di kotak teks Dengan Semua Kata-kata. 
Di kotak teks Tanpa Kata-kata ketiklah kata pengganggu yang ingin dihilangkan dari pencarian. 
Lakukan pengaturan yang lain. 
Klik tombol Mesin Cari Google untuk memulai proses pencarian. 

5. Mencari File Berbahasa Indonesia
Google merupakan mesin pencari yag dilengkapi kemampuan untuk mencari informasi dengan menggunakan 36 bahasa yang berbeda, termasuk bahasa Indonesia. Sebagai contoh misalnya kita ingin mencari informasi tentang artis Britney Spears, jika kita tidak menentukan pilihan bahasa , ratusan ribu dokumen akan ditampilkan dalam bahasa Inggris. Karena itu pilihan bahasa akan sangat menolong kita, selain itu kita juga dapat mengatur waktu dokumen dibuat. Hal ini untuk mengatur agar informasi yang sudah usang tidak ditampilkan lagi.

Langkah-langkahnya sebagai berikut: 
Tampilkan mesin pencari Google di browser. Klik teks link Pencarian Canggih. 
Ketiklah kata kunci pencaian di kotak teks dengan semua kata-kata. 
Pada kotak drop-down Bahasa pilihlah Indonesia. 
Jika kita ingin membatasi waktu dan informasi yang kita dapatkan, pada kotak drop-down Tanggal, pilihlah waktu, misalnya bulan terakhir. 
Klik tombol Mesin Cari Google atau tombol enter untuk mengaktifkan proses pencarian. 
Mesin Pencari akan mencari dan menampilkan dokumen-dokumen berisi artis Britney Spears dalan Bahasa Indonesia dalam 6 bulan terakhir.
     

    Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson