Sejarah Dan Perkembangan Internet

Sejarah Dan Perkembangan Internet 
Pada tahun 1960-an Deprtemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi. Komputer tersebut diharapkan dapat saling berkomunikasi dan tetap bertahan jika perang benar-benar terjadi. Pada bulan oktober 1962 dimulailah program riset komputer di ARPA (Advanced Research Project Agency) dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama. 

Pada tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa Universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah yang menandai percobaan ini. Pada tahun 1969 jaringan tersebut berhasil dibuat yang disebut sebagai ARPANET. Jaringan itu kemudian menjadi cikal bakal lahirnya internet. 

Pada thun 1986 internet kemudian dipergunakan secara terbuka untuk umum. Sejak saat itu penggunaan internet berkembang dengan sangat cepat ke seluruh dunia.

Pengertian Internet
Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. 
Internet dapat menghubungan komputer-komputer yang ada di seluruh dunia menjadi sebuah jaringan yang sangat besar. Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yang ada di internet secara gratis. Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet.

Internet mempunyai dua peranan yang sangat penting yaitu :
1. Sebagai sumber data dan informasi
Internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Siapa saja yang terhubung ke internet dapat mengakses informasi tersebut. Bahkan, kita juga bisa menempatkan informasi yang kita miliki di internet agar dapat diakses orang lain.

2. Sebagai sarana pertukaran data dan informasi
Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer yang lain tanpa dibatasi oleh jarak fisik kedua komputer tersebut. Dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lain, mempertukarkan data dan informasi. Akses dan pertukaran informasi tersebut dilakukan dalam waktu yang sangat cepat.

Pengertian Intranet
Intranet adalah internet dengan jaringan yang lebih kecil. Biasanya dibangun dan dimiliki oleh sebuah organisasi untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di organisasi tersebut.

Pengaruh Internet Bagi Masyarakat 
Dari aplikasi-aplikasi yang ada di internet banyak dampak positif atau keuntungan yang dirasakan, diantaranya:
1. Kemudahan untuk memperoleh informasi
2. Sarana komunikasi interaktif
3. Sebagai media promosi bagi perusahaan
4. Mengurangi biaya kertas dan distribusi
5. Perdagangan secara elektronik (e-commerce)
6. Aktivitas perbankan dengan memanfaatkan internet (e-banking)
7. Sistem pembelajaran jarak jauh (e-learning)

Adapun dampak negatif yang diakibatkan oleh internet antara lain:
1. Penayangan pornografi yang dapat merusak moral
2. Kemudahan orang untuk menjiplak hasil karya orang lain
3. Kejahatan penggunaan kartu kredit
4. Perusakan sistem melalui virus
5. Kemudahan dalam melakukan penghasutan terhadap orang lain
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson