Menikmati Bekatul

Menikmati Bekatul 
Kini banyak orang mengonsumsi bekatul. Banyak manfaat yang dirasakan: tubuh fit, jerawat hilang, diabates lenyap. 

Ada kebiasaan rutin yang tak pernah ditinggalkan Olga Lydia setiap bangun tidur. ''Bekatul sangat menunjang kegiatan diet saya,'' kata Olga. 

Dengan mengonsumsi bekatul, Olga bisa merasa kenyang untuk waktu yang lama. Maka, Olga lebih memilih bekatul ketimbang sereal gandum yang banyak dijual di supermarket. ''Baru setengah jam makan sereal instan, kita sudah lapar lagi,'' ujar alumnus Universitas Parahyangan Bandung itu. Olga juga merasakan manfaat lain: kesegaran dan kesehatan tubuh yang prima. Olga biasa mencampur bekatul yang lembut dengan susu, lalu diminum. ''Cara ini cukup mudah. Dan kebanyakan orang menyukai bekatul karena sifatnya yang instan dan cepat saji,'' ujar finalis Wajah Femina 1994 itu. 

Untuk bisa mengonsumsi bekatul, Olga harus berburu ke Bandung, tempat dulu ia pernah menempuh ilmu. Ia membelinya di Jl Murijan, di bilangan Lengkong Besar. Dari situ Olga mendapat bekatul yang sudah siap pakai. Banyak artis ibu kota, juga memesan bekatul dari sana. 

Ia terbiasa mengonsumsi bekatul lantaran, orang tua Olga yang berasal dari Jombang, Jawa Timur, sudah terbiasa menyantap bekatul. Kepada Olga, orang tua Olga selalu mengajarkan makan bekatul dan menganjurkan pentingnya mengonsumsi bekatul ini. 

Untuk itu, meski banyak orang mencemooh, Olga tetap bertekad tetap mengonsumsi bekatul. Langkah Olga berpengaruh di kalangan artis. Ada yang mengikuti jejaknya. Salah satu di antaranya adalah Devi Alexandra, fotomodel, bintang iklan, dan pemain sinetron. Gadis sampul majalah Aneka kelahiran 25 Desember 1985 itu, meyakini kalau bekatul bisa menopang ketahanan fisik yang prima. 

Selama ini, tidak banyak orang yang tahu kandungan gizi makanan itu. Mereka, kata Devi, umumnya merendahkan jenis makanan ini, tanpa membuktikan seberapa besar khasiatnya. Banyak orang melihat bekatul sebagai makanan yang tidak bermutu. Padahal banyak penelitian mengungkapkan tingginya nilai nutrisi dalam bekatul. ''Beberapa zat nutrisi itu tidak terdapat pada beras, meski bahan bakunya sama-sama dari padi,'' ungkapnya. 

Dengan giat mengonsumsi bekatul, dia merasa senantiasa bugar. Meski kegiatan sebagai artis cukup padat, namun selama ada bekatul, dia selalu merasa fit dan jarang sakit-sakitan. Makanan lain, bisa jadi menjadi penyebab atas kesehatannya itu. Namun bagaimanapun bekatul, kata model asal Semarang itu, memiliki beragam vitamin, serat, mineral, protein yang cukup untuk kebutuhan nutrisi tubuh. Ini yang menyebabkan ketahanan fisik seseorang bisa selalu tampil prima. 

''Padahal saya jarang mengonsumsi obat doping atau penopang ketahanan fisik lain. Mungkin bekatul menjadi salah satu penyebab kekuatan fisik itu, di samping makanan bergizi lain seperti sayur-sayuran, buah, susu dan lainya,'' ujar bintang sinetron 'Prabu Siliwangi', 'Sang Pecinta', 'Sheila' dan beberapa sinetron lainnya itu. 

Tradisi makan bekatul memang baru berkembang di lingkungan keluarganya. Mulanya adalah orang tua Devi yang mencoba, karena mengetahui manfaat bekatul. Akhirnya kini semua anggota keluarga Devi, menghidangkan bekatul setiap waktu untuk campuran minuman. Adik Devi, hingga kini masih menyukai bekatul untuk sarapan pagi. ''Barangkali peran orang tua mempengaruhi kebiasaan itu sejak awal,'' tandasnya. 

Enny Nufida, remaja putri yang membuat kesaksian di Majalah You Inc (No 52 Maret 2003), bercerita ia bisa terbebas dari jerawat karena mengonsumsi bekatul. ''Wajah terasa kasar dan berjerawat. Bila datang bulan wajah saya memerah dan terasa pedih,'' jelas Enny sebelum mengenal bekatul. 

Pergi ke beberapa dokter kulit tak menyelesaikan kasus kulitnya. Suatu hari seorang teman menawari bekatul produksi pabrik di Surabaya dan royal jelly dari Cina. Ia lantas mengonsumsinya tiga kali sehari. ia juga menggunakan bekatul itu sebagai masker. Selang dua minggu kemudian, ia menuai hasil. ''Jerawat di wajah saya mengering dan kecil-kecil,'' ujarnya. 

Eko Satriyo juga mempunyai pengalaman dengan bekatul. Anaknya yang baru berusia sekitar setahun, selalu mengompol setiap malam. tapi, tanpa disengaja, ketika ia mengonsumsi bekatul produksi pabrik di Surabaya, anaknya selalu minta. ''Kalo nggak dikasih kadang ngacak-acak, bahkan merebut gelas hingga tumpah deh itu coarse rice powder,'' tulis Eko dalam e-mailnya. 

Praktis, setiap minggu anaknya mengonsumsi bekatul skeitar 2-3 gelas. Hasilnya menakjubkan. ''Semenjak itu anak saya jarang sekali ngompol,'' lanjutnya. 

Pengalaman Putu Gangsar lebih hebat lagi. Di Majalah You Inc No 52 maret 2003, ia mengaku terkena diabetes, hingga muncul luka di jari kakinya. Dokter memintanya untuk diamputasi, tapi ia tak mau. Ia beruntung bertemu teman yang menarawi bekatul, royal jelly, biogreen, dan teh lingzi. Ia mengonsumsinya, dan kurang dari dua minggu, lukanya mengering. 

Simon Mangande juga mempunyai pengalaman serupa. Simon pernah terkena diabetes. Penglihatannya sudah mulai rabun. HbA1c-nya mencapai 10,1 persen. ''Dulu, semalam bisa bangun tujuh kali untuk kencing, dan air seni berbau gula merah yang dipanaskan,'' tulis Simon dalam e-mailnya. 

Tapi, cerita itu sudah menjadi masa lalu baginya. 
Pada 2002, ia berkenalan dengan bekatul (coarse rice powder - CRP) produksi pabrik di Surabaya. Ia mengonsumsinya berbarengan dengan makanan suplemen lainnya, yaitu royal jelly dari Cina dan biogreen dari Australia. Ia juga makan tomat. 

Royal Jelly 4 x 1 saset -> 10 hari 
+ Biogreen 1 x 1 saset 
+ CRP 3 x 2 sendok 
+ makan nasi 3 x satu gelas kecil saja 
+ sayur tomat + timun sampai kenyang 
+ doa 

lalu 
Royal Jelly 3 x 1 saset -> 10 hari 
+ Biogreen 2 x 1 saset 
+ makan nasi 3 x satu gelas kecil saja 
+ sayur tomat + timun sampai kenyang 
+ CRP 3 x 2 sendok 
+ doa 

lalu 
Royal Jelly 2 x 1 saset -> 10 hari 
+ Biogreen 3 x 1 saset 
+ CRP 3 x 2 sendok 
+ makan nasi 3 x satu gelas 
+ sayur tomat + timun sampai kenyang 
+ doa 
+ jangan pernah minuman manis 
+ kalau bisa cabe merah 

''Lalu periksa lagi HbA1c, lalu lalu diabetes berlalulah. HbA1c saya turun menjadi 5,7 persen. Menurut standar ahli diabetes melitus Indonesia, HbA1c 4-6 persen itu normal,'' lanjut Simon. Bangun malam untuk kencing pun, ia tak pernah lakukan lagi. 

Simon mengatakan, ia mengonsumsi bekatul untuk menjaga agar tidak rakus makan. Sebab, dampak dari minum royal jelly, nafsu makan menjadi meningkat. Royal jelly sendiri merupakan produk lebah yang di antaranya juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Sedangkan biogreen sebagai antioksidan bagi tubuh. 

Sekarang, Simon bisa tersenyum lega. Ia tak lagi berpantang makanan. ''Dulu dilarang dokter makan satu pisang Ambon. Harus hanya sepotong pisang Ambon sekali makan. Sekarang? Sekali makan dua pisang Ambon. sampai-sampai, ibu di warung makan nyengir-nyengir,'' jelas Simon. 

Kini, ia masih rajin mengonsumsi bekatul tiap pagi, dan baru berasa lapar setelah pukul 12.00 WIB. Sore makan seperti biasa, dan pukul 21.00 ia minum lagi bekatul dan royal jelly. ''Makannya, wah, nasi sepiring penuh, tambah sayur sepuasnya. Pokoknya kenyang,'' katanya.

Suplemen Terbaik untuk Pria 
» Boron untuk prostat 
Sejumlah studi menunjukan, risiko pria terkena kanker prostat akan turun hingga 65% jika mereka banyak mengonsumsi boron. 

Berapa banyak Anda harus megonsumsi boron: Cukup 3 miligram (mg) per hari. Manfaat boron bukan cuma mencegah munculnya kanker, tapi menurut United States Department of Agriculture (USDA), boron juga meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. 

Tip: Mungkin Anda sedikit sulit menemukannya di toko, tapi Anda bisa mengakalinya dengan makan banyak raisin dan kacang almond. 

Beberapa pilihan: Bone Tower 3 mg Nature Plus, ABC Plus 150 mcg Syn Plus. 


» Folic acid untuk menurunkan risiko terkena alzheimer 
Keunggulan utama folic acid adalah untuk pembentukan sel darah merah. Manfaat lainnya adalah membuat sel-sel saraf agar bekerja maksimal. Folic acid juga menjaga tingkat homocysteine -amino acid yang meningkatkan risiko penggumpalan darah- tetap rendah. Kadar homocysteine yang tinggi dikaitkan dengan tanda awal Alzheimer, misalnya kehilangan memori. Para ahli di Swedia menyebutkan, umumnya pasien Alzheimer mengalami kekurangan folic acid. 

Berapa banyak Anda harus mengonsumsi folic acid: 500 mcg dalam sehari mampu menurunkan kadar homocysteine hingga 18% atau lebih. 
Tip: Anda juga bisa mendapatkannya dari jeruk, kacang, roti dan sereal. 

Beberapa pilihan: Folic Acid 400 mg Nature Health 

» Kalsium untuk memperkuat tulang dan menurunkan berat badan 
Pria yang banyak mengonsumsi kalsium rata-rata berat badannya lebih ringan ketimbang yang sedikit minum kalsium. Sialnya, kebanyakan pria tidak mendapatkan 1000 mg kalsium per harinya (satu gelas susu hanya memberikan 300 mg kalsium). 

Berapa banyak Anda harus mengonsumsi kalsium: Cobalah 1.200 mg kalsium perhari -600 mg pada pagi hari, dan sisanya pada malam hari untuk mengoptimalkan penyerapan. 

Tip: Jika Anda biasa meminum 3 gelas susu setiap hari, Anda tidak memerlukan kalsium tambahan. Sebab, Anda malah bisa bermasalah jika mengonsumsi lebih dari 2.500 mg kalsium per hari. 

Beberapa pilihan: Cal/Mag Zinc 1000 mg Nature Plus, Cal Mag Zinc 500 mcg Sea-Quill. 


» Kromium untuk mencegah diabetes 
Anda mungkin mengenal kromium sebagai suplemen untuk perkembangan otot. Tapi jika Anda gemuk atau memiliki nenek moyang yang menderita diabetes... "Konsumsi kromium menjadi salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kadar insulin," kata peneliti di USDA, Richard Anderson, Ph.D. Kromium meningkatkan kesensitifan tubuh pada insulin, membuat kadar gula dalam darah lebih mudah dikendalikan. 

Berapa banyak Anda harus mengonsumsi kromium: 35 micrograms (mcg) setiap hari. Baca label dan cari chromium picolante, bentuk kromium yang paling efektif. 
Tip: Jika Anda penderita diabetes, bertanyalah pada dokter Anda. "Boleh jadi dokter menyarankan Anda agar mengonsumsi 200 mcg per hari," kata Anderson. 

Beberapa pilihan: Sugar Control 200 mg Nature Plus, Fat Burner 150 mcg Sea-Quill, Sugar Shield 200 mcg Sea-Quill 

» Coenzim Q10 untuk peningkat energi 
Ini disebut sel energyzer. Membuat peningkatan pada energi sel, sekaligus memiliki manfaat baik sebagai antioksidan. Bagus sekali untuk orang dengan diabetes, penderita penyakit jantung -penyempitan pembuluh darah jantung, atau mereka yang suka berolahraga. Sebenarnya tubuh Anda memproduksi sendiri coenzim Q 10, tapi semakin bertambah umur, semakin sedikit produksinya. Sebuah studi menyebutkan, coenzim Q10 dapat melawan kanker, penyakit Parkinson, penyakit Huntington, dan dapat membuat darah lebih encer. 

Berapa banyak Anda harus mengonsumsi coenzim Q10: 100 mg setiap hari. Anda tidak akan menemukan coenzim Q10 di dalam multivitamin atau memperolehnya dalam kuantitas berarti melalui makanan. 

Tip: Jika Anda minum statin -obat penurun kolesterol, maka konsumsilah suplemen coenzim Q10 hingga 200 mg. Sebab, statin dapat menurunkan fungsi suplemen ini. 

Beberapa pilihan: Co Q10 60 mg Nature Health, Co Q10 30 mg Syn Plus. 


» Kreatin untuk meningkatkan otot dan daya ingat 
Para peneliti di Medical College of Wisconsin menemukan fakta, pria yang minum kreatin dalam 2-3 bulan mampu menambah rata-rata beban bench press nya hingga 7 kilogram dan squat sebanyak 9,5 kilogram. Para peneliti di Australia bahkan menambahkan, hasil tes daya ingat dan inteligensia mereka meningkat setelah enam minggu mengonsumsi kreatin. 

Berapa banyak Anda harus mengonsumsi kreatin: 5 gram (g) per hari, dicampur dengan whey dalam protein shake untuk manfaat maksimal. 
Tip: Sejumlah pria tidak memperikan respon pada kreatin. Mungkin, mencampurnya dengan gula dapat membantu memicu respon. 

Beberapa pilihan: Mega Creatine 3000 mg Twin Lab, Creatine 5 g Universal. 

» Glucosamin untuk sendi 

Glucosamin sangat bagus buat sendi, terutama jika Anda mulai berumur. Jumlah cartilage di sendi Anda pasti mengalami banyak perubahan sejak Anda berusia 19 tahun dulu, dan mengonsumsi glucosamin -terbuat dari kulit kepiting dan lobster, dapat memperbaiki sekaligus meregenerasi cartilage. Sebuah studi selama 3 tahun pada 200 orang responden yang dipublikasikan di Lancet menyebutkan, glukosamin terbukti mampu meringankan sakit dan kekakuan sendi hingga 25%. Bukan hanya itu, juga membantu mencegah perkembangan osteoarthritis pada lutut. The British Journal of Sports Medicine menambahkan, 88% orang yang menderita sakit sendi melaporkan rasa sakitnya jauh berkurang setelah mengonsumsi glucosamin selama 12 minggu. 

Berapa banyak Anda harus mengonsumsi glucosamin: 1500 mg dalam sehari. 

Tip: Menurut sebuah studi di Australia, menggosokan krim berbahan glucosamine pada sendi yang sakit dapat mengurangi rasa sakit. 

Beberapa pilihan: Ultra RX Joint 1000 mg Nature Plus, Healthy Joint 500 mg Nutrimax, Joint Formula 500 mg Wellness. 


» Omega-3 untuk melindungi jantung 
Sejatinya, asam lemak omega-3 adalah asam lemak essensial atau asam lemak yang harus dipasok dari luar tubuh. Asam lemak ini memang dibutuhkan sel-sel tubuh terutama bagian membran atau lapisan sel paling luar -agar sel menjadi sehat. Omega-3 juga menjaga agar sistem imunitas tubuh bekerja maksimal, menjaga agar tekanan darah dan tingkat trigliserida tetap rendah, dan membuat jantung berdetak secara teratur. Manfaat lainnya, membuat darah lebih licin sehingga menurunkan risiko terjadinya penggumpalan. 


Berapa banyak Anda harus mengonsumsi omega-3: Untuk pria sehat, 1000 mg sehari. Mereka dengan masalah jantung memerlukan 2000-4000 mg. 
Tip: Bicarakan dahulu pada dokter Anda -terlalu banyak dapat meningkatkan risiko terkena flu. Minumlah Omega-3 setelah makan, jadi mulut Anda tidak berbau ikan. 

Beberapa pilihan: Omega Brite dikeluarkan dalam bentuk gelcaps 500 mg, jadi Anda tidak perlu menelan pil setiap hari. Atau, Salmon Omega-3 1000 mg Nature Plus, Omega-3 1000 mg Wellness, Omega-3 Salmon 1000 mg Sea-Quill. 

» Selenium untuk melawan kanker 

"Ini adalah satu jenis nutrisi yang mampu secara efektif mencegah kanker," kata Direktur USDA-Grand Forks Human Nutrition Research Center, Gerald F. Combs., Ph.D. Selenium memaksa sel kanker untuk menghancurkan diri. Studi Combs menarik kesimpulan bahwa konsumsi selenium yang lebih tinggi, menurunkan risiko terkena macam-macam jenis kanker seperti kanker prostat, kolon, dan paru paru. Padahal, selenium ini hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit. 

Berapa banyak Anda harus mengonsumsi selenium: 200 mcg per hari. 

Tip: Minumlah lebih banyak saat Anda sedang sakit. Penelitian pada tikus, yang dilakukan di University of North Carolina, menunjukan, kadar selenium yang rendah membuat virus lebih mudah bermutasi -memperburuk gejala flu. Suplemen selenium alami adalah kacang Brazil, mengandung 100 mcg setiap butirnya. 

Beberapa pilihan: Selenium 50 mg Nature Plus, Megavite 16,67 mcg Sea-Quill, Gluthathione Precursors 50 mcg Nutrimax. 


» Vitamin E untuk awet muda 
"Vitamin E merupakan antioksidan terkuat, menurunkan risiko penyakit mata, jantung, kanker, dan bahkan penyakit Alzheimer," kata dosen nutrisi di Tufts University, Jeffrey Blumberg Ph.D. Vitamin E juga bisa memperbaiki kerusakan otot pasca olahraga. 

Berapa banyak Anda harus mengonsumsi vitamin E: 400 international unit (IU) sehari, karena umumnya Anda hanya memperoleh sedikit vitamin E dari apa yang Anda konsumsi sehari-hari. Sebagai contoh: Umumnya multivitamin hanya mengandung 45 IU. 
Tip: Anda juga dapat meningkatkan konsumsi Anda dengan makan lebih banyak kacang-kacangan dan minyak. Pilihlah vitamin E alami, ketimbang yang sintesis -lebih sulit diolah tubuh. 

Beberapa pilihan: Vitamin E 400 IU Nature Health, Vitamin E 400 IU Nutrimax, Natural Vitamin E 400 IU Wellness.
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson