Penerapan Digital Library Dengan Menggunakan Teknologi Informasi

Penerapan Digital Library Dengan Menggunakan Teknologi Informasi 
Tantangan baru teknologi informasi khususnya untuk para penyedia informasi adalah bagaimana menyalurkan informasi dengan cepat, tepat dan global. Perpustakaan sebagai salah satu penyedia informasi yang keberadaannya sangat penting di dunia informasi, mau tidak mau harus memikirkan kembali bentuk yang tepat untuk menjawab tantangan ini. Salah satunya adalah dengan mewujudkan yang terhubung dalam jaringan komputer. 

Digital Library (DL) atau perpustakaan digital adalah suatu perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengan menggunakan protokol eIektronik melalui jaringan komputer. Istilah digital library sendiri mengandung pengertian sama dengan electronic library dan virtual library. Sedangkan istilah yang sering digunakan dewasa ini adalah digital library, hal ini bisa kita lihat dengan sering munculnya istilah tersebut dalam workshop, simposium, atau konferensi dengan memakai nama.

Penelitian Digtal Library mulai berkembang pesat sejak tahun 1990 diiringi dengan kemajuan teknologi jaringan komputer yang memungkinkan pengaksesan informasi dari satu tempat ke tempat lain yang sangat jauh dalam waktu singkat. 

Proyek penelitian Digtal Library pada intinya meneliti bidang pendigitalan dokumen dan pembangunan sistem untuk dokumen digital. Pada pendigitalan dokumen, diteliti tentang bagaimana mendigitalkan dokumen dan jenis penyimpanan digital dokumen baik bernpa full text maupun page image. Sedangkan bidang pembangunan sistem pada Digtal Library, diteliti tentang pedesainan dan implementasi sistem untuk memanipulasi data pada database, misalnya penelitian arsitektur sistem yang baik untuk Digtal Library, baik yang sederhana hingga implementasi teknologi agent dari Artificial Intelligence (AI), dan sebagainya.

Penelitian Digtal Library berikutnya adalah tentang hak cipta dari dokumen, payment system, customer system dan aplikasi-aplikasi lainnya. Semua aplikasi yang diteliti diarahkan menuju managemen aplikasi berbasis elektronik. Misalnya pada penelitian hak cipta dari dokumen, penelitian diarahkan untuk mengembangkan managemen hak cipta secara elektronik, meskipun tentu saja masih terdapat hambatan terutama pada peraturan hak cipta yang ada. 

Ruang Lingkup
Dalam penyusunan laporan dengan judul Digital Library ini, dibatasi ruang lingkup yang meliputi : 
  1. Sejarah Pengembangan Digital Library 
  2. Penjelasan tentang Digital Library 
  3. Peran Digital Library 
  4. Perpustakaan Semi Modern dan Perpustakaan Modern 
  5. Proses digitalisasi dokumen 
  6. Fitur-fitur dalam Digital Library 
  7. Perkembangan sistem Digital Library 
  8. Teknologi Informasi untuk perpustakaan 
  9. Masalah dan Isu-Isu mengenai Perpustakaan Digital 
  10. Digital Library Standard 
  11. Arsitektur dan Gambar desain Digital Library 

Tujuan dan Manfaat
Tujuan
Mengetahui dengan jelas tentang digital library, dan cara penggunaan sistem digital library secara keseluruhan


Manfaat 
Manfaat penulisan laporan ini adalah dapat membantu mengerti tentang apa itu digital library, implementasi sistem dalam digital library, serta meningkatkan pengetahuan di dalam mengelola suatu informasi dalam digital library, sehingga pemanfaatan digital library dapat lebih maksimal dan berguna kepada masyarakat.


Metodologi Penulisan / Penelitian
Metodologi yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah penelitian dengan melakukan pencarian pada internet yang berhubungan dengan digital library dan sistemnya sehingga diperoleh teori-teori yang dibutuhkan dalam pembuatan laporan tentang digital library.
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson