Pengembangan Sistem Informasi Penilaian Ta/Skripsi Dengan Konsep Business Intelligence Berbasis Web

Pengembangan Sistem Informasi Penilaian Ta/Skripsi Dengan Konsep Business Intelligence Berbasis Web 
Perkembangan kebutuhan informasi sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, khususnya ilmu komputer. Dalam hal ini, komputer memegang peranan yang sangat penting sebagai alat bantu dalam pengolahan data. Penggunaan komputer yang dilengkapi dengan program aplikasi yang menunjang akan menghemat waktu, biaya, dan tenaga serta memudahkan dalam menghasilkan informasi berkualitas seperti yang dibutuhkan


Kebutuhan akan suatu sistem informasi dewasa ini mencakup hampir di segala ruang lingkup kehidupan. Setiap organisasi sangat membutuhkan informasi yang akurat, cepat, dan relevan. Namun dalam kenyataanya hal tersebut terkadang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan yang hendak dicapai, dikarenakan kurang atau terbatasnya sistem informasi yang digunakan.


Perguruan Tinggi Raharja adalah sebuah lembaga pendidikan yang bergerak di bidang ilmu komputer. Karena itu, Perguruan Tinggi Raharja selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi yang semakin pesat.


Di dalam pengolahan nilai TA/Skripsi mahasiswa, Perguruan Tinggi Raharja sudah menggunakan sistem komputer, namun masih mengandalkan aplikasi Microsoft Excel, 

Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek ini penulis mengambil judul “Pengembangan Sistem Informasi Penilaian TA/Skripsi Berbasis Web dengan Metode Business Intelligence pada Perguruan Tinggi Raharja”.


Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka penulis merumuskan beberapa masalah sebagai berikut:
1. Bagaimanakah sistem informasi penilaian TA/Skripsi yang sedang berjalan pada Perguruan Tinggi Raharja?
2. Apakah sistem informasi penilaian TA/Skripsi pada Perguruan Tinggi Raharja sudah menggunakan komputerisasi yang optimal?
3. Sistem informasi penilaian TA/Skripsi seperti apakah yang harus dibuat khususnya pada Perguruan Tinggi Raharja sehingga pengolahan datanya dapat lebih akurat, cepat dan relevan?


Studi Pustaka (Literature Review)
Banyak penelitian yang sebelumnya dilakukan mengenai Penilaian TA/Skripsi. Dalam upaya mengembangkan dan menyempurnakan penilaian TA/Skripsi ini perlu dilakukan studi pustaka (literature review) sebagai salah satu dari penerapan metode penelitian yang akan dilakukan.


Manfaat dari studi pustaka ini antara lain:
1 mengidentifikasikan kesenjangan (identify gaps) dari penelitian ini.
2 Menghindari membuat ulang (reinventing the wheel) sehingga banyak menghemat waktu dan juga menghindari kesalahan kesalahan yang pernah dilakukan oleh orang lain.
3 mengidentifikasikan metode yang pernah dilakukan dan yang relevant terhadap penelitian ini.
4 Meneruskan apa yang penelitian sebelumnya telah capai sehingga dengan adanya studi pustaka ini, penelitian yang akan dilakukan dapat membangun diatas platform dari pengetahuan atau ide yang sudah ada.
5 Untuk mengetahui orang lain yang spesialis dan mengerjakan di area penelitian yang sama, sehingga dapat terjaring dalam komunitas yang dapat memberi kontribusi sumber daya yang berharga.


Berikut adalah penelitian yang telah dilakukan dan memiliki korelasi yang searah dengan penelitian yang akan dibahas dalam Skripsi ini, antara lain :

Terdapat beberapa penelitian yang memiliki korelasi yang searah dengan penelitian yang akan dibahas dalam Laporan Skripsi, antara lain:

1. Penelitian yang telah dijalankan oleh Linda yulianingsih & Moh.Al Adri Effendi.

Penelitian ini membahas tentang Komputerisasi sistem penilaian TA pada AMIK Raharja Informatika. 

Penelitian ini mengusulkan rancangan tentang sistem penilaian pada saat ujian sidang yang dilakukan oleh penguji dengan menggunakan Program Visual Basic . Namun, masih terdapat kekurangan pada rancangan sistem yang diusulkan, karena sistem belum terkomputerisasi secara optimal. Penelitian yang selanjutnya tidak akan menggunakan Visul Basic lagi. Sistem yang dikembangkan dapat dilanjutkan dengan terkomputerisasi secara optimal. Penelitian ini tidak menentang dengan penelitian yang dilakuka akan tetapi mendukung.


2. Penelitian yang dilakukan oleh Junaidi,S.Kom.

Penelitian yang telah diljalankan oleh Junaidi S.Kom

Penelitian ini membahas tentang sistem penilaian KKP/TA/Skripsi pada Perguruan Tinggi Raharja dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Penelitian ini ditujukan untuk membuat laporan proses perhitungan nilai akhir siswa dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Penelitian ini sudah bagus namun belum di dokumentasikan dan perlu dikembangkan lagi. Penelitian yang selanjutnya tidak akan menggunakan Microsoft Excel lagi. Penelitian ini tidak menentang akan tetapi mendukung penelitian yang dilakukan. 

Penelitian ini dapat dikembangkan dari aplikasi Microsoft Excel menjadi Berbasis Web

Jadi penelitian ini selain harus di kembangkan dari aplikasi Mikrosoft Excel menjadi Web juag harus di dokumentasikan

Kesenjangan (gaps) telah teridentifikasi dengan baik sehingga tidak terjadi pembuatan ulang (reinventing the wheel). Peninjauan telah dilakukan dengan matang, sehingga dipastikan akan menghasilkan project yang maksimal, dan membuat dosen dan mahasiswa merasa puas dan terlayani dengan baik (service excellence).

Hasil studi pustaka (literature review) ini mendemostrasikan landasan (platform) yang kokoh (level 2) serta alasan yang kuat untuk mengembangkan penilaian TA/Skripsi menjadi lebih baik lagi dengan pertimbangan yang sudah matang.

Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan Penelitian
1. Tujuan Operasional, yaitu untuk mendapatkan informasi yang akurat dan nyata tentang jalannya Sistem Informasi Penilaian TA/Skripsi yang ada pada Perguruan Tinggi Raharja.
2. Tujuan Fungsional, yaitu untuk mengetahui Sistem Informasi Penilaian TA/Skripsi yang sesuai dikembangkan pada Perguruan Tinggi Raharja, serta diharapkan hasil dari penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh Perguruan Tinggi Raharja sebagai pengetahuan maupun sebagai dasar untuk mengambil langkah suatu kebijaksanaan.
3. Tujuan Individual, yaitu agar penulis mendapatkan pengalaman secara factual di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga yang profesional, yaitu tenaga yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya, serta sebagai salah satu syarat kelulusan dan untuk memperoleh gelar Strata 1 (S1) STMIK Raharja.


Manfaat Penelitian
1. Memberikan pengalaman kepada penulis untuk menerapkan dan memperluas wawasan penerapan teori dan pengetahuan yang telah diterima di dalam perkuliahan pada kegiatan nyata.
2. Meningkatkan kinerja dan pola pikir penulis.
3. Penulis mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja setelah menyelesaikan pendidikannya.

Ruang Lingkup Penelitian
Masalah yang akan dibahas dalam penelitian dibatasi hanya pada masalah-masalah menyangkut pengolahan nilai TA/Skripsi pada Perguruan Tinggi Raharja dengan menggambarkan sistem yang berjalan menggunakan UML yang lebih menekankan pada penilaian TA/Skripsi pada saat sidang, dan membuat elisitasi beserta prototipenya. 


Metode Penelitian
Pengumpulan Data
Untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam penelitian, penulis menggunakan beberapa metode sebagai berikut:
1. Metode Obervasi, merupakan cara pengumpulan data secara langsung ke lapangan melalui pengamatan terhadap sejumlah objek penelitian dari sejumlah individu yang bersangkutan.
2. Metode Wawancara, dilakukan melalui proses tanya jawab dengan seorang atau beberapa narasumber di tempat atau lokasi dimana objek penelitian dilakukan.
3. Metode Studi Pustaka, digunakan untuk mendapatkan informasi dari beberapa literatur yang ada.

Sumber Data
Sumber-sumber data yang dibutuhkan dalam hubungannya dengan pengumpulan data dikelompokkan menjadi:
1. Sumber Data Primer, diperoleh dari narasumber-narasumber yang berhubungan dengan objek penelitian. Dalam hal ini adalah stake holder dan staf dari bagian Registrasi Perkuliahan dan Ujian (RPU)
2. Sumber Data Sekunder, diperoleh dari buku-buku literatur, jurnal ilmiah, thesis, dan sebagainya, yang memuat informasi-informasi yang diperlukan dalam penyusunan laporan Kuliah Kerja Praktek.

Analisa Data
Data-data yang diperoleh dalam penelitian kemudian diolah dan dianalisa. Analisa yang dilakukan antara lain: analisa organisasi, analisa masukan, analisa proses, dan analisa keluaran. Adapun alat bantu (tools) yang penulis gunakan di dalam melakukan analisa data adalah berupa Unified Modelling Language (UML), yang dibuat dengan menggunakan software Visual Paradigma.

Sistematika Penulisan


Sistematika penulisan dari Laporan Kuliah Kerja Praktek ini adalah sebagai berikut:


BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang: Latar Belakang, Perumusan Masalah, Penelitian Sebelumnya, Tujuan dan Manfaat Penelitian, Ruang Lingkup, Metode Penelitian, dan Sistematika Penulisan.


BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisi teori-teori pendukung penganalisaan, yang meliputi: Konsep Dasar Sistem, Konsep Dasar Informasi, Konsep Dasar Sistem Informasi, Analisis Sistem, Unified Modelling Language (UML), serta teori-teori lainnya yang digunakan untuk mendukung penganalisaan dan pengembangan sistem yang diusulkan.

BAB III PEMBAHASAN
Pada bab ini berisikan gambaran tentang sejarah Perguruan Tinggi Raharja, struktur organisasi, penjelasan tentang wewenang dan tanggungjawab, analisa masukan, analisa proses, analisa keluaran, konfigurasi sistem dan UML.


BAB IV RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
Bab ini berisi tentang Elisitasi Tahap I, Elisitasi Tahap II, Elisitasi Tahap III, Final Draft Elisitasi, dan Prototipe yang menggambarkan seluruh rancangan sistem baru yang diusulkan.


BAB V PENUTUP
Bab ini merupakan bab penutup berisikan kesimpulan dari hasil analisa penelitian dan saran yang dapat diberikan agar permasalahan yang dihadapi dapat terselesaikan dengan baik.
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson