Alat-alat Analisis Dalam Aspek Pasar dan Pemasaran

Alat-alat Analisis Dalam Aspek Pasar dan Pemasaran 
Didalam analisis aspek ini, misalnya untuk meramalkan permintaan menganalisis pesaing, menentukan kombinasi produk diperlukan suatu analisis. Alat analisis itu diantaranya teknik regresi, peramalan dan korelasi.

Sebelum melakukan analisis, berdasarkan metode statistik, langkah pertama yang dibutuhkan adalah tersedianya data. Data bisa berupa data primer, misalnya lewat penyebaran angket, kuesioner kepada sasaran.

Data yang selanjutnya dianalisis sesuai dengan jenis dan alat analisis yang digunakan.

Beberapa alat analisis yang bisa digunakan :

1. Analisis SWOT
Analisis mengenai kekuatan (Strength), kelemahan (Weakness), Kesempatan (Opportunity), dan ancaman (Threat) yang mungkin akan dihadapi.

2. Analisis data Kuesioner
Analisis data ini biasanya menggunakan metode statistik, misalnya mencari rata-rata (mean), penyimpangan (standar deviasi), proporsi.

Selain dengan analisis data diatas masih ada lagi yaitu :

· Regresi
Dalam kenyataannya kita mungkin ingin memperkirakan suatu keadaan tertentu yang timbul karena dipengaruhi oleh satu atau beberapa faktor lain. Misalnya, menduga hasil penjualan berdasarkan biaya promosi, biaya distribusi biasanya menggunakan alat analisis tertentu, yaitu regresi, baik linier, berganda maupun non linier. Pembahasan, persamaan, rumus dan pemakaian rumus telah dibahas pada matakuliah statistik.

Selain untuk melihat pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain, metode peramalan, misalnya peramalan penjualan, permintaan, market share, penawaran, bisa digunakan alat analisis menggunakan metode Least Square.
                                Sy                      Sxy
Dimana : nilai a =             dan b  = 
                                 n                        Sx2              


Y = nilai data hasil ramalan
n = jumlah data deret waktu
x = waktu tertentu yang telah ditransformasikan dalam bentuk kode.

· Korelasi
Masih berkaitan dengan analisis hubungan antara beberapa variabel, analisis korelasi berguna untuk menentukan suatu besaran yang menyatakan seberapa kuat hubungan suatu variabel dengan variabel lain. Nilai koefisien korelasi menunjukkan derajat hubungan, sedangkan tanda negatif atau positif menunjukkan arah hubungan. Nilai koefisien korelasi berkisar dari –1 sampai +1.
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson