Dunia Pendidikan Dan Pembangunan Teknologi Informasi DIY

Dunia Pendidikan Dan Pembangunan Teknologi Informasi DIY 
Bagi dunia pendidikan tinggi , teknologi informasi dalam artian luas sangat berarti untuk menyemai informasi dan ilmu pengetahuan. Teknologi informasi menjadi pendorong bagi peserta didik untuk bisa mengarungi dunia pengetahuan yang tak terbatas. Tak terbatasnya cakrawala pengetahuan itu menjadi semakin jelas dengan internet. Informasi yang tadinya hanya bisa diakses terbatas kini menjadi terbuka dan mudah diakses kapan saja, dimana saja, oleh siapa saja. 

Bagi dunia pendidikan dasar dan menengah, lingkungan serta tantangannya tentu jauh berbeda dengan dunia pendidikan tinggi. Pelatihan 3000 guru-guru itu hanyalah langkah awal untuk mengenal dunia teknologi informasi yang sangat luas. Karena demikian luasnya batasan mengenai teknologi informasi maka teknologi informasi dip-elajari sesuai dengan kebutuhan. Apa yang sebenarnya diharapkan oleh dunia pendidkan menengah dasar untuk menggunakan teknologi informasi guna menunjang proses pendidikan dan pengajarannya? 

Kebutuhan untuk mengakses informasi dan pengetahuan bagi pendidikan dasar dan menengah sungguh sangat mendesak dibanding ketrampilan mengolah kata atau lembar kerja dengan computer. Kesenjangan informasi bagi sekolah-sekolah di pelosok yang jauh dari pusat pemerintahan dan kota serta sarana transportasi akan terjembatani dengan akses internet. Infrastructure yang telah dibangun oleh Pemda DIY tentu akan menjadi semakin murah bila dimanfaatkan pula oleh seluruh sekolah-sekolah di DIY. Dengan internet, komunikasi antara sekolah dan pemerintah bisa terjalin dengan baik, secara online maupun real time. Guru-guru bisa membangun milis untuk saling bertukar pikiran dan sharing pengalaman serta pengetahuan untuk memecahkan masalah, bahkan bertukar bahan melalui email. Juga guru-guru bisa mengakses informasi dan pengetahuan dengan lebih mudah. Ini tentu saja akan berdampak positif bagi peserta didiknya. Kesenjangan atau keterbelakangan akan terjembatani dengan mudah karena komunikasi murah, cepat, dan lancar. Bahkan transformasi nilai-nilai lokal yang mengalami ketersendatan karena perkembangan peradaban kini menjadi lebih mudah untuk ditelusri sumber dan legenda nilai-nilai tersebut. 

Disamping itu, dinas pendidikan juga akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan cara baru tersebut secara lebih efisien karena SPJ atau Surat Perintah Jalan bisa dihemat untuk digunakan di pos lain yang membutuhkan. Continous Improvement dalam dunia pendidikan akan terwujud dengan sendirinya berkat sarana komunikasi tersebut. Bahkan urusan administrasi para guru yang biasanya sulit dan lama bisa dipercepat dengan sarana jaringan tersebut Yang terakhir, dengan situs pencari para pendidik dan peserta didik akan mudah untuk mencari informasi mengenai apa saja dengan menyebut sepenggal kata yang diketahui. 

Ada beberapa milis pendidikan atau milis yang menaruh perhatian besar pada kemajuan pendidkan di Indonesia dan diikuti oleh para pendidik di berbagai pelosok tanah air, pejabat Diknas, dan para tokoh pendidik. Sebut sebagai misal milis Centre for the Betterment of Education (CBE). Berikut sepenggal kata pengantar dari milis tersebut:

“CBE atau Centre for the Betterment of Education, adalah organisasi non pemerintah dan non profit, yang secara strategis dan holistik melakukan dukungan aktif atas masalah masalah yang berhubungan dengan upaya-upaya perbaikan Pendidikan Dasar dan Menengah di Indonesia, serta menjadi pemrakarsa gerakan moral ke arah pembelajaran seumur hidup (life-long learning).” 

Di milis tersebut banyak hal-hal menarik yang telah didiskusikan mengenai pendidikan di tanah air, termasuk peraturan-peraturan pemerintah. Semua arsip diskusi bebas untuk dikases dan dilihat. Ini tentu saja akan menjadi kalibrator bagi para guru untuk menala pengetahuannya.

Membangun infrastructure di sekolah untuk membuat sebuah jaringan kecil di perpustakaan sekolah dengan beberapa komputer yang terhubung ke jaringan DIY tentu bukan hal yang sulit untuk dilaksanakan. Disamping sumber daya manusia di Jogja yang sangat melimpah juga fasilitas pelatihan teknologi informasi pemda DIY bisa dimanfaatkan. Disamping itu, ada seorang tokoh nasional yang sudah malang melintang di dunia internasional dan terkenal karena dedikasinya untuk memajukan dunia pendidikan melalui internet telah bersedia untuk membantu Jogja sebagai provinsi pertama yang memajukan pendidikan melalui internet. 
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson