Internet Dan Informatika Kedokteran

Internet Dan Informatika Kedokteran 
Sejarah internet
Sebelumnya kita mengenal apa itu internet dan apa sebenarnya informatika kedokteran, alangkah baiknya kita mengenal sejarah dan perkembangan internet serta fungsi dan manfaatnya.

Rasanya sangat sulit bagi kita untuk melupakan kebiasaan browsing, chating ataupun sekedar mengambil atau mendownload e-mail. Padahal dulu sebelum Internet ini menjamur dan merajalela diseantero jagad raya ini komputer yang kita gunakan sebatas untuk menghitung, menulis ataupun membuat desain untuk penerbitan dan juga untuk pekerjaan penelitian yang memberlukan alat bantu ini. Namun kini setelah Internet menggema seolah tidak lepas dari media komunikasi ini. Coba kita bayangkan surat yang yang kita tulis sekarang, maka selang beberapa menit bahkan detik jawabannya sudah dapat kita terima lagi. Begitu juga kalau kita berbelanja di mana saja dan kapan saja, maka barang yang kita butuhkan segera dikirim dalam waktu sikat. 

Pada awalnya Internet hanya terdiri dari beberapa jaringan komputer kecil yang didirikan oleh Departemen Pertahanan Amerika yang disebut ARPANET untuk tujuan riset, yakni sekitar tahun 1969. Saat sekarang, internet bukan lagi sekedar jaringan yang meliputi Amerika dan Eropa, tapi sudah meliputi seluruh bagian dunia, termasuk Indonesia. Internet ini kalau kita iratkan seperti jalan raya, ada jalan protokol, jalan bebas hambatan, ada pula jalan utama, jalan kecil hingga gang kecil yang ada disuatu peloksok desa. Maka Internet pun memiliki “jalur” utama. Jalur utama ini dalam Internet ini sering disebut dengan backbone. Dengan backbone ini akan terhubung banyak jaringan komputer diseluruh dunia baik jaringan LAN (Local Area Network) maupun jaringan WAN (Wide Area Network). Backbone Internet yang ada di Eropa dan Jepang terhubung ke Backbone yang ada di Amerika. Namun sayangnya di Indonesia belum ada backbone Internet, sehingga sebagian besar Internet Service Provider langsung menghubungkan jaringan mereka ke backbone di Amerika atau negara lain.

Apa fungsi internet ? Pada umumnya masyarakat luas memanfaatkan internet sebagai media informasi untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, dan sosial. Dan sebagai media informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, dan berbagai forum komunikasi.

Apa itu informatika kedokteran
Disiplin ilmu yang berhubungan dengan penyimpanan, penarikan dan penggunaan data, informasi, serta pengetahuan biomedis secara optimal untuk tujuan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

Pengaruhnya pada dunia kedokteran
Diperkirakan setiap hari penggemar baru internet dapat mencapai jumlah ribuan, sangat antusias. Sehingga pada akhir tahun 2000 tidak kurang dari 200.000.000 orang telah memanfaatkan internet. Dunia kedokteran tidak luput dari pengaruh perkembangan ini. Berbagai publikasi kini lebih mudah diperoleh, berbagai fasilitas pendidikan ataupun simulasi kedokteran sudah mulai bermunculan, baik untuk kalangan medis maupun khusus untuk pasien/orang awam. Dalam kurun tahun-tahun mendatang, sarana sumber informasi semakin berkembang, untuk kepentingan pendidikan, ataupun untuk kepentingan pendidikan, ataupun untuk kepentingan pengobatan pasien. Dengan adanya kemajuan ini, maka salah satu akibatnya adalah peranan dokter sebagai sumber informasi untuk pasien menjadi tidak dominan lagi, karena segala informasi tentang penyakit danpenatalaksanaannya dapat diperoleh secara jelas dan lengkap melalui internet oleh siapa saja. 

Sebagaimana bahasan diatas, sebenarnya fungsi utama Informatika kedokteran adalah :
  • Rekam medik elektronik
  • Sistem pendukung keputusan medis
  • Sistem informasi kedokteran/ rumah sakit
  • Pemanfaatan internet dan intranet dalam pendidikan kedokteran
  • Mendukung pengelolaan pengetahuan kedokteran
 

Contoh Contoh Proposal Copyright © 2011-2012 | Powered by Erikson